Cara Mudah dan Menyenangkan Mengajari Si Kecil Berhitung Nih Dads!

December 16, 2016
Cara Mudah dan Menyenangkan Mengajari Si Kecil Berhitung Nih Dads!

Dads, apa Si Kecil sudah masuk usia sekolah? Tidak ada salahnya untuk mengajari materi-materi yang akan dia hadapi kelak, salah satunya adalah berhitung. Tentunya metode ini harus dilakukan sesuai usia Si Kecil, supaya dia tidak kebingungan dan mampu memahaminya secara cepat. Dads tidak perlu cemas karena ada banyak cara yang bisa diterapkan di rumah, seperti yang dijelaskan berikut ini:

Memakai Nyanyian/Lagu

Lagu atau nyanyian adalah media yang paling mudah dipahami Si Kecil. Dads dapat menyanyikan lagu-lagu berisi proses berhitung yang sudah lama digunakan para orangtua. Selain itu, lagu yang disertai video juga dinilai mampu meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam memahami materi secara cepat. Jadi Dads dapat memintanya menyaksikan video tentang cara berhitung yang ada di YouTube atau situs anak lainnya. Gerakan selama menyanyi juga sangat membantu, lho.

Merapikan Mainan

Mengajari Si Kecil berhitung pun dapat dilakukan sambil merapikan mainan. Caranya pun sangat mudah, ajak dan ajari Si Kecil mengelompokkan mainannya sesuai bentuk atau warna. Kemudian saat dia akan menaruhnya di tempat mainan, minta untuk masukkan sambil berhitung. Lakukan cara ini terhadap jenis mainan yang berbeda. Jika dilakukan secara berulang, Si Kecil akan terbiasa dan semakin familiar pula dengan angka yang dia sebutkan.

Belajar Menelepon

Ketika Dads sedang memegang ponsel atau telepon rumah, Si Kecil mungkin penasaran dan tak jarang menunjukkan ketertarikan untuk mencoba. Nah, Dads dapat memanfaatkan rasa ingin tahunnya dengan mengajak Si Kecil belajar menelepon sambil berhitung. Tuliskan nomor yang akan dihubungi, misalnya nomor telepon Moms, lalu minta Si Kecil untuk menekan angka pada tombol ponsel atau telepon sambil menyebutkannya. Selain mengenalkannya pada angka, daya ingat Si Kecil pun akan meningkat.

Mengajaknya Memasak

Kegiatan memasak di dapur juga bisa membantu Si Kecil dalam pelajaran berhitung. Maka saat Moms sedang mempersiapkan bahan-bahan memasak, Dads dapat membantu dengan mengajak Si Kecil untuk menghitung bahan-bahan yang dibutuhkan. Misalnya, dua butir telur, satu buah tomat, tiga sendok teh garam, dan lain sebagainya. Bukan hanya pandai berhitung, Si Kecil juga akan mengenal bahan serta bumbu di dapur.

Demikian cara-cara menyenangkan yang Dads maupun Moms terapkan untuk mengenalkan Si Kecil pada pelajaran berhitung. Semoga bermanfaat untuk masa depan Si Kecil, ya!

Leave a Reply

 

Like Our page