Cara Merawat Kulit Terbakar Pada Si Kecil

December 7, 2016
Cara Merawat Kulit Terbakar Pada Si Kecil

Kulit terbakar merupakan salah satu masalah yang cukup serius yang bisa terjadi pada setiap orang, dan ini akan menjadi hal yang lebih serius lagi bila Si Kecil yang mengalaminya. Sayangnya, banyak kejadian dan peluang Si Kecil mengalami luka bakar seperti ini. Mulai dari Si Kecil tidak sengaja menyentuh air panas, setrika atau terbakar karena sinar matahari. Hal yang bisa Moms lakukan adalah merawatnya dan megobatinya. Berikut beberapa cara yang bisa Moms gunakan:

Luka Bakar Ringan

Biasanya luka bakar ini muncul akibat Si Kecil terkena air panas atau sejenisnya. Untuk menangani masalah kulit terbakar seperti ini, Moms hanya perlu menggunakan air dingin. Siram dengan air mengalir pada bagian kulit yang terbakar. Jangan gunakan mentega, pasta gigi dan sejenisnya, karena itu hanya mitos dan mungkin akan menimbulkan komplikasi pada kulit yang terluka. Bila kulit melepuh, gunakan krim khusus luka bakar untuk Si Kecil.

Luka Bakar Serius

Penanganan awal untuk luka bakar serius sama dengan luka bakar ringan. Moms harus menyiram bagian yang terluka dengan air dingin yang mengalir selama 10 hingga 20 menit. Jangan merendamnya atau menggunakan air es, karena bisa menimbulkan hipotermia.

Buka juga pakaian atau kain yang menutupi luka bakar tersebut. Bila tidak bisa dilakukan, jangan dipaksa. Gunting kain atau pakaian ada di sekitar luka dan biarkan kain yang menempel pada luka. Lalu tutupi luka dengan kain bersih untuk melindunginya dari infeksi, tentu saja setelah itu Moms dapat membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi.

Luka Bakar di Mulut dan Tenggorokan

Biasanya terjadi saat Si Kecil tidak sengaja menelan bahan berbahaya, seperti cairan pembersih lantai. Bila hal ini yang terjadi, maka Moms dan Dads harus segera membawa Si Kecil ke rumah sakit. Luka bakar jenis ini bisa berbahaya dan merusak organ dalam Si Kecil. Jadi, biarkan dokter dan yang lebih profesional yang menanganinya.

Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

Gunakan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin dan letakkan pada bagian kulit yang terbakar selama 10 hingga 15 menit. Jangan terlalu lama, karena Si Kecil bisa kedinginan. Gunakan juga salep atau krim pelembab khusus Si Kecil yang memang dibuat untuk menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari. Jangan lupa untuk selalu memakaikan tabir surya saat Si Kecil bermain di luar rumah.

Leave a Reply

 

Like Our page