Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Anak yang Suka Membully Temannya

January 3, 2017
Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Anak yang Suka Membully Temannya

Waduh, gawat jika Si Kecil sudah mulai bersikap kasar atau bahkan suka membully temannya saat di sekolah. Hal ini tentunya akan sangat membuat Moms dan Dads khawatir dan sekaligus menjadi marah bukan? Selain membuat membuat malu, tindakan tersebut juga akan membawa dampak lain yang lebih buruk baik terhadap Si Kecil maupun korbannya.

Penyebab Anak Melakukan Bullying

Moms dan Dads pasti pernah merasa bingung jika Si Kecil sudah berani membully temannya padahal sudah diajari dengan cara yang benar. Sebenarnya, anak-anak mendapatkan informasi dan belajar bukan hanya dari orang tua saja, namun lingkungan sekitar juga membawa pengaruh yang besar. Ada kemungkinan besar Si Kecil sama sekali tidak mengerti apa yang mereka perbuat atau meniru apa yang dilihatnya. Seperti pada video games, filem, sinetron, atau melihat langsung adegan kekerasan dan perkelahian yang pada akhirnya mereka tiru. Penyebab yang lain muncul karena Si Kecil mungkin mencoba untuk membela diri dari temannya yang nakal atau mencoba mengganggunya.

Cara Bijak Menghentikannya

Komunikasikan dengan Baik

Moms dan Dads tidak perlu marah dan sampai menghukum berat Si Kecil jika ia ketahuan telah suka membully temannya di sekolah. Hal yang paling bijak adalah mengajaknya berbicara dengan baik dengan bertanya apa penyebabnya.

Biasakan Anak untuk Bercerita

Ini adalah hal yang penting karena dapat menjadikan Si Kecil bersikap jujur serta terbuka dengan kedua orang tuanya. Moms dapat mengajaknya bicara dari hati kehati mengenai apa saja kegiatan yang telah ia lakukan di sekolah, tentang teman-temannya atau bahkan gurunya.

Hindari Marah dan Memukul

Jika Moms dan Dads saja melarang Si Kecil berbuat kekerasan, maka sebaiknya kita harus memberikan contoh tersebut juga. Mungkin orang tua akan marah akan tetapi usahakan untuk menghindari kata-kata kasar, membentak, mencubit, bahkan sampai memukul Si Kecil karena akan semakin membuatnya marah dan membangkang.

Menjelaskan Apa Itu Bullying

Disini, Moms dan Dads harus saling bekerja sama untuk menjelaskan pada Si Kecil mengenai tindakan bullying itu sendiri. Hal yang paling benar yaitu dengan memberikan pengertian kalau membully teman itu perbuatan tidak baik, kasar, dan merugikan. Selain itu, bisa juga memperlihatkan contoh nyata kasus bullying dan akibat burunya. Usahakan untuk menjelaskan hal tersebut dengan cara bijak dan lembut agar Si Kecil dapat mengerti.

Untuk mencegah agar Si Kecil tidak lagi suka membully temannya di sekolah, sebaiknya Moms dan Dads bekerja sama dengan pihak sekolah agar dapat membantu mengawasi dan memberikan pengarahan kepada Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page