Berapa Kalikah Anak Wajib Menggosok Giginya?

February 8, 2017
Berapa Kalikah Anak Wajib Menggosok Giginya?

“Dik, jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur, ya.” Mungkin, Moms sering memerintahkan Si Kecil untuk melakukan ini. Atau, saat pagi hari, Moms juga mengingatkan Si Kecil untuk menggosok giginya. Namun, disini ada pertanyaan menarik. Sebenarnya, berapa kali, Si Kecil harus menggosok gigi tiap harinya?

Menurut penelitian dari University College London, setidaknya, Si Kecil harus menggosok gigi sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Jadi, bila biasanya, Si Kecil hanya menggosok gigi pada pagi hari saat mandi saja, maka hal itu tidak cukup. Bahkan, bisa dikatakan, menggosok gigi pada waktu mandi tidaklah tepat. Seharusnya, Si Kecil wajib menggosok gigi setelah makan. Namun, yang perlu Moms perhatikan, jangan langsung menyuruh Si Kecil menggosok gigi setelah makan begitu saja.

Saat Si Kecil makan, maka mulut mereka akan memproduksi air liur dan bakteri baik yang mengandung asam untuk membuat makanan yang dimakan menjadi lebih mudah dicerna. Dan, saat setelah makan ini, kandungan asam dalam mulut Si Kecil terbilang cukup tinggi. Saat Si Kecil menggosok giginya tepat setelah makan, maka hal ini akan membuat asam semakin terserap ke dalam gigi. Alhasil, asam yang mempunyai sifat korosif, akan membuat lapisan email gigi menjadi lebih tipis dan rentan. Dan, Si Kecil akan beresiko mempunyai gigi berlubang. Sebaiknya, berikan waktu sekitar 2 jam setelah makan, sebelum Si Kecil menggosok giginya. Dengan demikian, maka gigi Si Kecil akan lebih aman.

Hal lain yang juga penting untuk diketahui adalah cara menggosok gigi. Pasti Si Kecil sudah diajari di sekolah atau oleh Moms sendiri, untuk menggosok gigi dengan gerakan ke atas dan kebawah. Selain itu, Moms juga harus memperhatikan tekanan yang digunakan untuk menggosok gigi. Ajarkan pada Si Kecil untuk tidak menekan secara kuat saat menggosok gigi. Hal ini mempunyai hubungan dengan kandungan asam dalam mulut Si Kecil. Menekan terlalu kuat akan dapat membuat asam ini lebih meresap ke dalam gigi, dan hasilnya sudah dijabarkan diatas. Lakukan secara ringan dan lama. Biasanya, lama waktu menggosok gigi yang tepat adalah sekitar 2 menit. Dan dilakukan secara menyeluruh, pada semua bagian gigi. Jadi, pastikan Moms menyuruh Si Kecil menggosok gigi dalam jumlah yang sesuai per harinya. Ditambah lagi, cara menggosok gigi yang benar juga perlu dilakukan.

Leave a Reply

 

Like Our page