Beda dengan Anak Zaman Dulu, Ini Cita-Cita Anak Zaman Sekarang

January 4, 2017
Beda dengan Anak Zaman Dulu, Ini Cita-Cita Anak Zaman Sekarang

Kalau Moms mengingat saat Moms masih kecil dulu, pasti pernah mempunyai cita-cita ingin menjadi apa. Dan, mungkin saja, Moms berhasil mewujudkan cita-cita tersebut saat ini. Tetapi, ada hal yang menarik yang bisa Moms lihat saat ini. Ternyata, cita-cita Si Kecil zaman dulu berbeda dari cita-cita Si Kecil masa kini.

Kalau Moms mengingat cita-cita Moms dulu atau cita-cita teman sebaya Moms, pasti mereka hanya ingin menjadi profesi yang hampir sama. Sebagian besar ingin menjadi pilot, dokter, insinyur dan sebagainya. Tetapi, bila kita melihat cita-cita yang diungkapkan oleh Si Kecil zaman sekarang, ada perbedaan yang besar, khususnya pada jenis profesi yang mereka inginkan. Bila Moms bertanya pada  Si Kecil saat ini tentang cita-cita mereka, mereka pasti akan menjawab ingin menjadi ahli kimia, profesor fisika, fotografer, pembuat game, atlet salah satu cabang olahraga dan lain sebagainya. Dari sini, Moms bisa melihat perbedaan besar.

Si Kecil zaman dulu mempunyai pengetahuan yang lebih sempit dari Si Kecil sekarang. Mereka hanya memperoleh informasi dengan melihat orang di sekeliling mereka. Hal ini menyebabkan impian yang mereka punya atau cita-cita yang mereka inginkan sangat terbatas, sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Alhasil, cita-cita yang muncul bisa dipastikan hampir sama. Lain dengan Si Kecil zaman sekarang. Dengan semakin mudah dan banyaknya informasi yang mereka dapat, misalnya dari TV maupun internet, maka mereka menjadi lebih tahu banyak jenis profesi lainnya, tidak hanya terbatas dari orang-orang di sekeliling mereka.

Sebenarnya, apa yang didapat Si Kecil saat ini, berupa informasi tersebut, sangat membantu untuk masa depan mereka. Dengan mengetahui lebih jelas apa yang diinginkan Si Kecil, maka fokus Si Kecil juga akan lebih terarah. Hal ini akan sangat membantu untuk benar-benar mewujudkan cita-cita tersebut. Lain halnya dengan Si Kecil zaman dulu, yang bisa dikatakan hanya mengikuti apa yang mereka lihat. Banyak dari mereka yang tidak bisa menggapai cita-citanya, bahkan bekerja di bidang yang mereka tidak minati. Moms dapat tanyakan pada diri sendiri atau melihat teman-teman Moms, pasti ada kasus yang seperti ini.

Perbedaan yang terakhir yang paling mendasar mungkin adalah jalan menuju cita-cita tersebut. Cita-cita Si Kecil zaman dulu mungkin akan terlihat sangat sulit dicapai, karena bagaimana cara menggapai cita-cita tersebut tidaklah jelas. Dengan informasi yang berlimpah saat ini, Si Kecil akan lebih mudah menemukan jalan terbaik menggapai cita-citanya. Hal ini membuat Si Kecil menjadi lebih percaya diri, dan berpeluang menjadi tenaga ahli yang berkualitas di bidang tersebut di masa depan.

Leave a Reply

 

Like Our page