Ayah, Inilah Manfaat Melatih Disiplin Anak Sejak Usia Dini

February 17, 2017
Ayah, Inilah Manfaat Melatih Disiplin Anak Sejak Usia Dini

Menjadi disiplin tak mudah dilakukan oleh anak kecil. Si kecil masih ingin melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya dengan mengabaikan kedisiplinan. Membuat si kecil lebih disiplin sangat sulit. Tetapi, Dads tak perlu khawatir karena bisa melatih disiplin sejak kecil. Melatih disiplin si kecil sejak dini ternyata memiliki beberapa manfaat. Apa saja manfaatnya?

Memiliki Gaya Hidup Sehat

Si kecil yang disiplin sejak dini pastinya akan mempunyai pola hidup yang jauh lebih sehat. Melatih kedisiplinan si kecil pastinya akan membuat si kecil memiliki kebiasaan makan dan hidup yang lebih baik dengan melakukan rutinitas sehat dan kebiasaan yang baik pula. Si kecil juga akan mampu untuk memilih makanan sehat dan waktu makan tepat.

Mempunyai Kemampuan Sosial yang Sangat Baik

Disiplin sejak kecil ternyata juga akan melatih kemampuan sosial si kecil dengan baik. Si kecil akan paham bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain, bertutur dengan sopan saat berkomunikasi, dan bergaul dengan luwes. Tak ada salahnya Dads melatih kedisiplinan sedari kecil agar membuat si kecil memiliki kemampuan dan jiwa sosial yang baik.

Memilih Makanan Yang Sehat dan Baik

Menjadi lebih disiplin ternyata membawa kebiasaan baik bagi si kecil. Si kecil mampu memilih makanan yang sehat dan baik ketika diajari kedisiplinan sejak dini. Dengan membiasakan si kecil disiplin, si kecil menjadi tahu makanan apa yang sehat dan tak sehat sehingga si kecil mampu menentukan dan memilih makanan yang sehat dan baik bagi kesehatannya. Dengan kedisiplinan dini, si kecil akan mampu mengerti beberapa efek negatif mengkonsumsi makanan tak sehat bagi kesehatannya.

Lebih Teratur

Saat si kecil menjadi disiplin sejak kecil, maka akan menjadi lebih teratur. Misalnya, waktunya mandi dan belajar, maka si kecil akan segera mandi dan belajar tanpa disuruh lagi. Hal ini berlaku untuk melakukan aktivitas lainnya. Si kecil tidak akan berani melanggar peraturan yang diterapkan di keluarga ataupun lingkungan sekitar. Si kecil juga tahu hal – hal yang kurang baik untuk kesehatan misalnya rokok dan alkohol. Ke depannya si kecil akan tahu dampak buruk terhadap rokok dan alkohol sehingga si kecil bisa menghindari semaksimal mungkin karena tidak berdampak baik bagi kesehatan.

Membuat Lebih Percaya Diri

Melatih disiplin sejak dini berdampak baik bagi jiwa si kecil. Si kecil akan lebih percaya diri karena kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, maka si kecil mampu bersikap positif dan mampu mengembangkan dirinya dengan baik.

Leave a Reply

 

Like Our page