Ayah, Inilah Kunci Sukses Mendidik Anak dengan Baik dan Benar

February 12, 2017
Ayah, Inilah Kunci Sukses Mendidik Anak dengan Baik dan Benar

Peran Dads sebagai kepala keluarga akan memberi pengaruh yang besar kepada si Kecil. Dads tentunya ingin si Kecil tumbuh sebagai anak yang berbakti dan kelak bermanfaat bagi banyak orang. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk membangun karakter si Kecil selama Dads mengetahui pola asuh yang tepat dan mampu menerapkannya sejak dini. Ada lima keterampilan emosi yang menjadi kunci sukses dalam membesarkan si Kecil agar kelak dia menjadi pribadi yang lebih teladan.

Self Awareness

Si Kecil perlu dilatih untuk memahami kondisi emosi, pikiran, dan sanggup melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri. Self awareness juga akan membantunya untuk mengetahui peran yang akan dia punya dan jalani dalam kehidupannya kelak. Sehingga si Kecil nanti akan tergerak untuk bekerja lebih keras dan tidak pantang menyerah untuk meraih tujuan akhirnya. Kesadaran diri yang tinggi akan menjaga si Kecil dalam bersikap dan bertutur kata saat bertemu dengan lingkungan yang lebih luas.

Self Management

Selain mampu membangun self awareness, si Kecil juga harus sanggup mengatur dirinya sendiri. Dalam hal ini, dia bisa memberikan motivasi untuk dirinya demi menggapai cita-cita, mengendalikan emosi, dan menuntaskan setiap masalah atau konflik yang sedang dihadapi. Si Kecil yang mempunyai kemampuan mengatur diri yang baik akan mengetahui alasan dia mempelajari sesuatu serta akibat yang didapatkan kalau dia tidak mengerjakannya.

Social Awareness

Bukan hanya mampu bersimpati dan berempati, si Kecil yang memiliki kesadaran sosial yang baik akan sanggup menempatkan diri terhadap kebahagiaan maupun kekurangan orang lain. Dia tidak merasa iri saat temannya menjadi juara kelas dan dalam situasi lain mampu menghibur teman yang menghadapi kesulitan. Si Kecil juga akan mampu menghormati setiap perbedaan yang terjadi di sekitarnya dan tidak akan memaksakan kehendaknya terhadap orang lain.

Relationship Skills

Relationship skills merupakan kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Seperti yang Dads ketahui, manusia adalah mahluk sosial. Si Kecil suatu saat nanti pun harus berhadapan dengan banyak orang di dalam kehidupannya dan untuk membantunya dalam menjalin relasi, relationship skills wajib ditanamkan sejak dini. Kemampuan ini juga telah mencakup manajemen konflik dan sikap arsetif, sehingga si Kecil pun tidak akan kesulitan dalam membangun komunikasi.

Responsible Decision Making

Keterampilan terakhir yang menjadi kunci sukses untuk kehidupan si Kecil adalah kemampuan dalam membuat keputusan yang bertanggung jawab. Dalam hal ini, si Kecil tidak hanya asal mencetuskan satu keputusan atau gagasan, tetapi juga berani bertanggung jawab dan mau menanggung segala risikonya. Jangan sampai si Kecil menghindari masalah dan malah menumpahkannya kepada orang lain yang tidak tahu apa-apa.

Leave a Reply

 

Like Our page