Ayah, Ini Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak

January 14, 2017
Ayah, Ini Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak

Disinilah peran sulit Moms dan Dads dimana harus bersusah payah membentuk serta memberikan pendidikan karakter bagi Si Kecil. Si Kecil dapat tumbuh cerdas dan memiliki sikap serta karakter yang baik tentunya sudah menjadi cita-cita kita sebagai orang tua bukan?

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak

Memiliki otak yang cerdas tidaklah terasa lengkap tanpa dibarengi dengan adanya karakter yang berkualitas. Ada banyak sekali manfaat jika Si Kecil sudah mulai diberikan pendidikan karakter, diantaranya mengajarkan tentang sikap saling menghargai, jujur, disiplin, suka memberi, dan masih banyak lagi. Pemberian pelajaran karakter memanglah yang paling sulit dibandingkan hanya sekedar mengajari anak matematika. Hal ini karena Moms dan Dads juga harus memberikan contoh yang nyata dan menjadi panutan bagi Si Kecil.

Apa Saja Macam Bentuk Pendidikan Karakter?

Berikut ini beberapa bentuk dari pendidikan karakter yang wajib Moms dan Dads ajarkan pada Si Kecil.

Moral dan Agama

Hal yang nomor satu harus diajarkan pada anak adalah pendidikan tentang agama yaitu mengenai Tuhannya, cara beribadah, dan memperkenalkan amalan baik serta buruk. Jika Si Kecil sudah diajarkan tentang keimanan maka moral yang baik juga akan terbentuk secara perlahan.

Mandiri dan Jangan Manja

Meskipun setiap orang tua ingin berusaha memenuhi segala bentuk keinginan serta kebutuhan anak-anaknya, tetapi mereka juga perlu untuk diajari mandiri. Moms dan Dads dapat melatih Si Kecil agar mau berusaha dahulu agar mendapatkan apa yang ia inginkan, misalnya membelikan es krim setelah ia menata semua mainannya. Hal ini akan membentuk karakter jiwa anak yang mandiri dan tidak menyusahkan orang.lain

Pantang Menyerah

Ajari Si Kecil mengenai sikap mau berusaha dan pantang menyerah. Ini sangat penting sekali untuk membentuk karakter manusia yang kuat dan tidak mudah mengeluh akan suatu hal. Disini, Moms dan Dads dapat memberikan motivasi serta dukungan penuh atas keinginan dan setiap kegagalannya. Salah satu contoh misalnya, Si Kecil ingin bisa naik sepeda namun selalu terjatuh hingga kakinya lecet. Nah, peran Moms dan Dads adalah mendukung serta mengatakan kalau ia pasti bisa.

Bersikap Jujur

Kejujuran adalah modal utama manusia agar dapat hidup dengan damai. Para orang tua juga harus mengajari anak-anak mereka bersikap jujur sejak dini. Hal tersebut dapat dimulai dengan cara memberikan contoh yang baik, memberikan sanjungan ketika anak berkata jujur, dll.

Sikap Bertanggung Jawab

Si Kecil juga perlu diajari mengenai pentingnya sikap tanggung jawab atas segala bentuk perbuatan yang telah ia lakukan. Moms dan Dads dapat mengatakan kalau bertanggung jawab merupakan sikap berani dan kesatria.

Itulah lima macam pendidikan karakter yang wajib Moms dan Dads tanamkan untuk Si Kecil agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang hebat.

Leave a Reply

 

Like Our page