Ayah Bisa Ajarkan Anak Jadi Dermawan dengan Langkah Ini!

January 12, 2017
Ayah Bisa Ajarkan Anak Jadi Dermawan dengan Langkah Ini!

Selain ibu, ayah juga memiliki peran yang sangat besar dalam mendidik serta mengajari, diantaranya adalah mengajari Si Kecil jadi dermawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan bekal Si Kecil ketika dewasa nantinya.

Apakah Manfaatnya?

Dengan mengajarinya perilaku suka memberi atau dermawan maka akan menanamkan rasa kepedulian akan sesama. Ketika Si Kecil dewasa nanti, ia akan senang memberi dan menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Selain itu, anak nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati serta tidak mudah mengeluh.Hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat terpuji, melihat banyaknya orang tua yang tidak terlalu memperhatikan mengenai pemberian pelajaran hidup seperti ini.

Bagaimana Cara Mengajarinya?

Jika merasa kesulitan untuk mulai memberikan pelajaran anak-anak tentang menjadi orang yang suka memberi, maka inilah beberapa tips mudahnya.

  1. Moms dan Dads bisa mulai mengajari Si Kecil jadi dermawan dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu yaitu memberikan contoh yang nyata. Anak yang masih kecil sangat cenderung sekali untuk meniru keadaan di sekitarnya, khususnya perilaku dari orang tuanya.
  2. Kemudian, Moms bisa mengajari Si Kecil untuk mau berbagi dengan teman-temannya di sekolah. Moms bisa membuatkan bekal makanan lebih dan meminta Si Kecil untuk memberikan sedikit bekal kepada temannya.
  3. Cobalah untuk sering-sering mengajak Si Kecil ketika sedang melakukan kegiatan beramal seperti mengunjungi panti asuhan, memberi uang kepada pengemis atau yang membutuhkan.
  4. Jangan hanya mengajak Si Kecil beramal saja! Moms dan Dads juga harus memberikan penjelasan mengenai pelajaran hidup kepada si kecil seperti mengapa kita harus beramal, bagaimana kehidupan di panti asuhan, mengenai kesusahan orang lain, kenapa kita harus membantu orang lain, dsb. Selain itu, Moms dan Dads juga bisa memperlihatkan kepada Si Kecil secara langsung mengenai kesusahan yang di alami oleh orang lain. Hal tersebut bertujuan agar ia dapat memahami alasan mengapa ia harus menolong orang yang membutuhkan.
  5. Beritahu Si Kecil juga kalau dengan beramal, ia akan mendapatkan banyak sekali pahala serta kebahagiaan. Selain itu, beritahu juga kalau uang yang kita miliki bukan sepenuhnya milik kita tetapi ada hak dari orang lain yang membutuhkan juga.

Pikiran anak kecil sangat mudah untuk dipengaruhi serta dibentuk. Oleh karena itulah para orang tua harus menggunakan kesempatan ini untuk menanamkan segala bentuk kebaikan kepada mereka, salah satunya adalah dengan mengajari Si Kecil jadi dermawan.

Leave a Reply

 

Like Our page