Aturan yang Sebaiknya Dads Terapkan Pada Anak Laki-Laki

November 7, 2016
Aturan yang Sebaiknya Dads Terapkan Pada Anak Laki-Laki

Si Kecil, cowok yang aktif dan bersemangat, Dads tentu saja bangga bukan. Tapi di lain sisi, dia juga bisa menjadi sumber masalah. Untuk hal ini, Dads sebaiknya menerapkan aturan yang pas buat Si Kecil. Selain agar tidak melanggar norma dan aturan yang ada, aturan ini juga diperlukan agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik. Ada beberapa aturan yang bisa Dads terapkan untuk Si Kecil.

Kasih Sayang

Terapkan aturan kasih sayang, artinya Si Kecil harus melakukan tindakan dengan rasa kasih sayang. Ini penting loh, Dads. Mungkin sebagian besar orang akan menganggap bahwa sayang seperti ini hanya untuk perempuan. Tapi, laki-laki juga perlu agar fungsi utama dia sebagai kepala rumah tangga atau pelindung keluarga saat besar nanti bisa berjalan. Ditambah lagi, bila Dads mulai menerapkan aturan ini pada Si Kecil sejak dini, Si Kecil juga akan tumbuh menjadi perhatian dengan lingkungannya. Munculah sifat penolong dan tegas yang harus dimiliki laki-laki.

Tidak Cengeng

Menangis adalah salah satu tindakan yang dilakukan Si Kecil saat mereka mendapat masalah atau menginginkan sesuatu. Hal ini wajar, karena Si Kecil belum mampu melakukan banyak hal, dan dengan tangisan, mereka meminta tolong Dads dan Moms untuk membantunya. Dads dapat mendidik Si Kecil agar tidak mudah menangis. Laki-laki dikenal mengandalkan logikanya. Jadi, Si Kecil harus bisa mengutarakan apa yang dimaunya atau yang menjadi masalahnya tanpa tangisan. Ini akan membuat Si Kecil tumbuh menjadi pemberani dan bertanggung jawab.

Menyayangi dan Menghormati Moms dan Dads

Ada perbedaan antara takut dan menghormati. Takut akan timbul saat Dads dan Moms mendidik Si Kecil dengan kekerasan. Jadi, jangan gunakan cara primitif ini. Dads harus membuat Si Kecil menyayangi Moms dan Dads dengan menunjukkan kalau Moms dan Dads menyayangi mereka. Dengan cara ini, rasa hormat Si Kecil juga akan lahir. Dan, bila hal ini sudah ada, maka Si Kecil tidak akan menjadi bandel dan nakal.

Mandiri

Terapkan pula aturan mandiri sejak dini. Misalnya, Si Kecil harus membereskan mainannya sendiri. Ini juga akan membuat Si Kecil dapat menghargai Moms dan Dads, orang lain maupun temannya.

Dan, hal terpenting yang harus Dads lakukan adalah menjadi panutan. Si Kecil bisa dikatakan sebagai mesin fotokopi paling cepat. Jadi, mereka akan mencontoh apa saja yang ada di depan mereka. Bila Dads berbuat baik dan bersikap baik sehari-hari, Si Kecil pun akan menirunya.

Leave a Reply

 

Like Our page