Aturan Anak Ajak Teman Main ke Rumah

January 10, 2017
Aturan Anak Ajak Teman Main ke Rumah

Moms pasti sudah paham, bila saat Si Kecil bermain dengan teman sebayanya, maka seakan di dunia ini hanya ada Si Kecil dan teman-temannya tersebut. Hal ini wajar, karena pada momen ini, Si Kecil sedang mengembangkan kemampuan bersosialisasinya. Dan, hal ini terasa sangat mengasyikan bagi Si Kecil. Moms juga pasti sudah pernah mengalami betapa sulitnya untuk mengajak Si Kecil melakukan kegiatan lain saat mereka sudah bermain dengan temannya. Tapi, agar hal ini tidak berdampak negatif, maka harus ada aturan, dimana Si Kecil dapat mengajak temannya main di rumah.

Usia Si Kecil

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan adalah usia Si Kecil. Hal ini akan sangat mempengaruhi kesiapan Si Kecil untuk bermain bersama teman di rumahnya sendiri. Biasanya, saat Si Kecil berusia 3 hingga 4 tahun, Si Kecil sudah mengerti konsep pertemanan. Dan biasanya di usia inilah, Si Kecil sudah bisa meminta untuk bermain dengan temannya.

Teman yang Dapat Diajak Bermain

Moms dapat membiarkan Si Kecil memilih teman yang akan diajak bermain di rumah. Bisa saja teman dari sekolah, tetangga dan lingkungan sekitar. Agar lebih banyak teman, Moms juga dapat mengajak Si Kecil untuk pergi ke beberapa tempat, misalnya saat ada pertemuan keluarga atau arisan. Dengan cara ini, Si Kecil akan dapat bertemu banyak temannya dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini akan dapat melatih kemampuan bersosialisasinya.

Lokasi Bermain

Moms juga harus mempersiapkan lokasi bermain Si Kecil dengan temannya. Misalnya, bila Si Kecil ingin bermain di rumah bersama teman, maka persiapkan agar rumah bisa digunakan untuk bermain. Moms dapat menyediakan ruangan yang cukup luas agar Si Kecil dan teman-temannya bisa bebas bermain. Akan lebih baik lagi, bila Moms juga menyediakan mainan untuk mereka mainkan. Dan, mainan tersebut akan lebih baik lagi bila termasuk dalam mainan yang mendidik dan merangsang perkembangan Si Kecil.

Waktu

Moms juga harus menetapkan rentang waktu untuk Si Kecil dan teman-temannya. Bicarakan hal ini dengan Si Kecil di awal. Hal ini agar Si Kecil juga dapat terlatih fokus dan tanggung jawabnya. Ditambah lagi, dengan membiasakan Si Kecil untuk mematuhi waktu ini, Si Kecil juga akan dapat lebih dapat disiplin. Pada dasarnya, cukup mudah untuk membuat Si Kecil merasa senang bermain bersama teman-temannya di rumah.

Leave a Reply

 

Like Our page