Anak Suka Makan Buah Memang Baik, Tapi Perlu Dibatasi

January 6, 2017
Anak Suka Makan Buah Memang Baik, Tapi Perlu Dibatasi

Moms pasti sudah tahu kalau buah-buahan adalah makanan yang menyehatkan. Bahkan, banyak ahli gizi dan dokter menyarankan untuk mengkonsumsi buah yang banyak. Dan, memang saran mereka benar terbukti, karena buah mempunyai Vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sekarang pertanyaannya, apakah Si Kecil boleh memakan buah dalam jumlah banyak? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Buah memang mengandung banyak Vitamin dan nutrisi yang jelas dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil. Tapi, selain Vitamin dan nutrisi tersebut, buah juga mengandung banyak gula dan kalori. Memang, bila dibandingkan dengan tubuh orang dewasa, Si Kecil membutuhkan banyak kalori. Hal ini dikarenakan, otak Si Kecil bekerja lebih keras daripada orang dewasa. Otak Si Kecil berfungsi layaknya mesin fotokopi yang menyalin semua informasi yang ada di sekitar Si Kecil. Dan, otak ini adalah organ tubuh yang menggunakan kalori dengan jumlah paling banyak, sekitar 40%, yang didapat dari makanan yang dimakan. Meskipun demikian, memberikan buah dengan kandungan kalori dan gula yang tinggi dalam jumlah berlebih, tidak akan baik. Hal ini akan menjadi awal banyak masalah kesehatan, mulai dari gigi berlubang hingga obesitas, dan yang paling menakutkan, bisa menjadi awal munculnya masalah diabetes.

Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah-buahan secara berlebihan, kalori dan gula untuk kebutuhan pembentukan energi memang dapat terpenuhi. Tapi, hal itu hanya didapat dari buah dan membuat Si Kecil menjadi lebih kenyang. Sedangkan makanan lain, seperti nasi dan daging yang juga dibutuhkan oleh Si Kecil tidak termakan, yang artinya nutrisi lain dalam makanan tersebut tidak akan didapat. Ini akan mempengaruhi perkembangan tubuh maupun otak Si Kecil.

Meskipun ada dampak negatif dari makan buah-buahan secara berlebihan untuk Si Kecil, buah-buahan masih dibutuhkan oleh Si Kecil. Yang perlu Moms lakukan adalah mengatur porsi dan jenis buah yang bisa dimakan oleh Si Kecil. Cara paling mudahnya, porsi ideal untuk Si Kecil adalah setengah dari porsi yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Hal yang perlu Moms perhatikan, jangan memberikan buah kering pada Si Kecil. Akan lebih baik bila Moms memberikan buah segar, karena buah jenis ini nutrisinya masih terjaga. Ditambah lagi, pastikan Si Kecil beraktivitas fisik setelah mengkonsumsi buah-buahan, agar kalori yang berlebihan bisa terbakar. Moms juga dapat menyajikan buah dengan makanan pendamping, seperti keju atau yoghurt agar Si Kecil tidak bosan.

Leave a Reply

 

Like Our page