Anak Batuk? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Obat

January 1, 2017
Anak Batuk? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Si Kecil batuk dan tak juga kunjung reda? Batuk memang sering dan mudah sekali menyerang anak-anak. Apakah Moms pernah mengalami saat Si Kecil belum lama sembuh tapi sudah terserang batuk lagi? Mau tak mau Moms dan Dads tentu saja harus pergi ke dokter anak dan membeli obat agar batuk Si Kecil cepat hilang.

Penyebab Batuk pada Si Kecil

Batuk sendiri biasanya disebabkan karena infeksi pada saluran pernapasan dimana cairan, debu atau benda asing lainnya masuk ke dalam paru-paru. Namun, sebenarnya batuk merupakan cara tubuh untuk melawan bakteri-bakteri jahat yang masuk yaitu dengan mengeluarkan lendir dan benda asing lainnya yang ada di dalam paru-paru.

Cara Mengatasinya Secara Alami

Mungkin Moms juga memiliki rasa khawatir karena Si Kecil terlalu sering mengkonsumsi obat. Sebenarnya ada banyak sekali antisipasi pertama yang dapat Moms berikan jika Si Kecil terserang batuk sebelum pergi ke dokter. Tentu saja dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah sekali untuk didapatkan. Berikut ini adalah beberapa tips alami mengatasi batuk tanpa harus berobat ke dokter untuk si kecil yang sudah berusia di atas 1 tahun.

Jeruk dan Kecap

Pernahkan Moms dan Dads meminum ramuan mujarab ini sewaktu masih kecil? Jeruk nipis dan kecap yang dicampurkan biasanya menjadi obat tradisional andalah para ibu-ibu zaman dahulu jika anaknya terserang batuk. Moms juga bisa mempraktekkannya untuk Si Kecil. Rasa ramuan ini sangat enak dan tidak pahit seperti obat sehingga anak-anak pasti tidak akan menolaknya.

Lemon dan Madu

Selain jeruk dan kecap, air lemon yang dicampur madu juga bisa mengatasi batuk pada Si Kecil. adanya kandungan Vitamin C yang tinggi pada lemon akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Air Hangat dan Garam

Seperti membuat larutan oralit, Moms juga bisa meredakan batuk Si Kecil dengan segelas air hangat yang dicampur dengan garam dapur. Garam dipercaya mampu meredakan gatal dan menghilangkan lendir yang ada di dalam tenggorokan.

Jahe dan Kencur

Kedua bumbu dapur ini juga dapat mengatasi batuk. Moms dapat membuat ramuan obat batuk dengan sangat mudah yaitu dengan merebus kedua bahan tersebut dengan air. Setelah itu air rebusan itu dingin, Si Kecil bisa langsung meminumnya.

Jika beberapa cara alami di atas tidak mampu membuat batuk Si Kecil berkurang, Moms dan Dads tetap harus segera membawanya ke dokter agar dapat ditangani dengan serius. Hal yang ditakutkan adalah jika Si Kecil batuk karena disebabkan karena virus seperti bronchitis.

Leave a Reply

 

Like Our page