Alasan Kenapa Jangan Larang Anak Main di Luar

January 9, 2017
Alasan Kenapa Jangan Larang Anak Main di Luar

Memang benar, saat di luar hujan, sudah seharusnya Moms melarang Si Kecil untuk bermain di luar rumah. Hal ini akan dapat membuat Si Kecil sakit. Akan tetapi ada kalanya, meskipun cuaca sedang cerah dan baik, Moms masih saja melarang Si Kecil untuk bermain di luar. Ada banyak alasan yang Moms gunakan. Mulai dari takut Si Kecil jatuh dan terluka, di luar tidak bersih, di luar tidak aman dan lain sebagainya. Hal ini ternyata seharusnya tidak dilakukan. Bahkan, ada alasan mengapa Moms harus membiarkan Si Kecil bermain di luar. Ini beberapa alasan tersebut.

Olahraga

Dengan bermain di luar rumah, Si Kecil akan terdorong untuk berolahraga. Menurut National Institute of Child Health – Amerika Serikat (2006), banyak masalah obesitas pada Si Kecil muncul akibat kurangnya kegiatan di luar ruangan. Dengan bermain di luar ruangan, maka Si Kecil akan dapat membakar kalori lebih banyak. Ditambah lagi, hal ini akan berguna untuk perkembangan fisik, otot dan tulang Si Kecil.

Tidur Lebih Nyenyak

Menurut penelitan dari Dr. Edward Group, DC, NP, DACBN, DCBCN, DABFM, pendiri Global Healing Center dan naturopati dari Amerika Serikat, kegiatan di luar ruangan bisa meningkatkan kinerja kelenjar pineal. Kelenjar ini merangsang pembentukan hormon serotonin, yang dapat membuat kondisi tubuh lebih tenang dan nyaman. Jadi, Si Kecil akan dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Bermain di luar ruangan dapat melatih sistem kekebalan tubuh Si Kecil untuk menjadi lebih kuat, karena harus terus melindungi tubuh dari kuman di luar ruangan. Di tambah lagi, kulit Si Kecil juga terangsang untuk memproduksi Vitamin D dari sinar matahari untuk menurunkan resiko kanker.

Rabun Jauh

Berdasarkan penelitian dari Department of Public Health and Primary Care, University of Cambridge, Inggris (2012), Si Kecil dapat terhindar dari rabun jauh. Syaratnya, Si Kecil harus bermain di luar setidaknya 14 jam per minggu. Hal ini dikarenakan, otot mata dari Si Kecil akan terlatih untuk melihat dalam jarak yang bervariasi.

Bagus untuk Fokus Si Kecil

Bermain di luar ruangan juga bagus untuk meningkatkan fokus dari Si Kecil. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari University of Michigan (2008). Interaksinya dengan berbagai benda dan kondisi yang menyebabkan Si Kecil mampu fokus pada satu hal dengan lebih baik lagi. Jadi, mulai sekarang, Moms jangan khawatir, kalau Si Kecil ingin bermain diluar. Tentu saja, harus selalu diawasi agar tidak terjadi apa-apa. Tetapi, berikan sedikit kebebasan untuk Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page