Alasan Kenapa Ayah Harus Pisah Ranjang dari Ibu dan Anak yang Masih Bayi

January 18, 2017
Alasan Kenapa Ayah Harus Pisah Ranjang dari Ibu dan Anak yang Masih Bayi

Tidur seranjang dengan si kecil yang masih bayi sebenarnya sah – sah saja dilakukan. Biasanya saat si kecil masih bayi, Moms dan Dads tidur disampingnya dengan cara mengapitnya. Selain memiliki sisi manfaat, tidur seranjang dengan bayi bagi Dads juga memiliki resiko pula. Karena alasan ini, maka ayah disarankan untuk tidak terlalu sering tidur dengan si kecil yang masih bayi dan ibunya.

Berpotensi Untuk Menindih

Sebenarnya Dads yang tidur seranjang dengan si kecil tidak memiliki kerugian atau sisi negatif bagi Moms. Terkadang sisi negatif itu muncul dari sang ayah. Dads takut jika menyenggol atau menimpa si kecil saat sedang tidur. Hal ini dikarenakan ayah biasanya tak memiliki insting untuk tidur aman tanpa menindih si kecil saat tidur bersama diatas ranjang. Insting inilah yang tak dimiliki oleh Dads sehingga biasanya tidur dengan aktif bergerak kesana kemari diatas ranjang. Dan, ini sangat berbahaya karena bisa menindihnya.

Tidak Bisa Menyusui

Saat tidur seranjang bersama si kecil yang masih bayi pasti akan ada hal – hal yang tak diinginkan, misalnya si kecil rewel, menangis, dan lapar. Jika si ibu yang tidur disamping si bayi, pasti Moms bisa langsung menyusuinya atau memberikan susu untuk si kecil. Inilah insting alami yang dimiliki seorang ibu saat tidur disamping si kecil. Hal ini pastinya mempermudah Moms untuk menenangkan si kecil atau memberikan ASI dan susu pada si kecil yang terbangun karena lapar. Hal inilah yang tak dimiliki oleh seorang ayah. Biasanya Dads cenderung akan mengabaikan sesaat si kecil yang rewel dan menangis karena tidak tahu apa yang diinginkannya. Dads juga tak tahu apakah si kecil itu lapar dan butuh susu atau tidak.

Kurang Sabar dan Luwes Saat Si Kecil Menangis

Selain hal – hal di atas, alasan Dads tidak disarankan untuk tidur di samping si kecil yang masih bayi adalah dikarenakan Dads masih kurang sabar dan luwes saat menghadapi si kecil yang rewel. Sudah pasti Dads akan mengalami kesulitan bagaimana cara menenangkan si kecil yang masih bayi saat menangis. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membuat si kecil berhenti rewel dan menangis yang mana tak cukup dengan susu saja. Terkadang si kecil harus digendong sambil diberikan susu. Dan, ketrampilan inilah yang sangat jarang dimiliki oleh seorang ayah. Jadi, daripada Dads merasa kebingungan, sebaiknya jangan terlalu sering tidur bersama si kecil yang masih bayi.

Leave a Reply

 

Like Our page