Aktivitas Fisik Membuat Anak Menjadi Lebih Cerdas

February 3, 2017
Aktivitas Fisik Membuat Anak Menjadi Lebih Cerdas

Sebagai orang tua, Moms tentu saja ingin membuat Si Kecil menjadi lebih cerdas, bukan? Selain dengan makanan sehat serta tentu saja belajar, aktivitas fisik ternyata juga mampu mendukung perkembangan kecerdasannya. Aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat kognitif Si Kecil. Salah seorang psikolog anak, Roslina Verauli, M.Psi., Psi, mengungkapkan dengan mengasah kemampuan kognifit seperti ini, Si Kecil akan dapat lebih mudah berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Hal ini juga dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah. Salah satu penyebabnya, aktivitas fisik atau olahraga membutuhkan konsentrasi saat melakukannya, kecepatan dalam mengambil keputusan dan kemampuan memecahkan masalah yang muncul.

Penelitian yang sama juga menemukan bila subyek yang diberikan aktivitas fisik yang memadai, memiliki konsentrasi yang baik saat belajar di sekolah. Hal ini dapat membuat Si Kecil lebih mudah menangkap pelajaran yang diberikan. Namun, Vera menambahkan bila aktivitas fisik yang harus dilakukan disini juga harus tepat dengan usia Si Kecil. Untuk Si Kecil yang masih berusia 2-6 tahun, lebih baik diajak bermain selama 5 jam perhari.  Namun, perlu diingat bila, kegiatan ini juga harus seimbang dengan lama belajarnya.  Aktivitas fisik yang dimaksud disini juga harus sesuai. Jadi, bila Moms hanya mengajak Si Kecil jalan-jalan ke taman atau sejenisnya, hal tersebut tidaklah cukup. Perlu aktivitas yang membuat fisik SI Kecil lebih banyak bergerak daripada sekedar jalan-jalan tersebut.

Selain itu, aktivitas fisik ini juga berhubungan dengan aktivitas otak Si Kecil. Saat Si Kecil melakukan aktivitas fisik, maka peredaran darah ke otak akan semakin lancar. Hal ini akan dapat merangsang saraf-saraf dalam jaringan otak untuk bekerja lebih dan membuatnya lebih kuat. Saat bagian-bagian ini menjadi lebih aktif dan kuat, maka kemampuan otak Si Kecil juga akan meningkat. Kemampuannya dalam mengingat, menggunakan logika, kreativitasnya dan lain sebagainya juga akan ikut berkembang. Dan, saat Si Kecil berada di usia dini, maka hal ini sangatlah bagus untuk mendukung perkembangannya.

Kondisi diatas juga ternyata pernah diteliti oleh peneliti dari Illnois University. Menurut penelitian tersebut, Si Kecil yang rajin bergerak dan berolahraga, akan mempunyai volume otak yang lebih baik daripada mereka yang diam saja. Karena itu, Moms mulai sekarang persiapkan jadwal bermain dan berolahraga untuk Si Kecil. Kegiatan fisik ini akan memberikan banyak keuntungan yang pasti Moms inginkan dan Si Kecil butuhkan untuk perkembangannya nanti.

Leave a Reply

 

Like Our page