Ajari Si Kecil Menerima Kekalahan dengan Cara Ini Dads!

November 9, 2016
Ajari Si Kecil Menerima Kekalahan dengan Cara Ini Dads!

Siapa saja, termasuk Si Kecil, pasti merasa kecewa kalau gagal atau kalah dalam satu hal. Dads juga begitu kan? Yang berbeda, mungkin Dads lebih bisa menerima kekalahan daripada Si Kecil. Nah, ini ada cara untuk Dads agar bisa mengajari Si Kecil bagaimana menerima kekalahan.

Contoh

Cara yang paling mudah adalah memberikan contoh pada Si Kecil. Jelaskan pula kenapa Dads bisa menerima kekalahan. Katakan bila kekalahan dapat menjadi pemacu dirinya untuk lebih bersemangat dan menjadi lebih baik untuk mendapatkan kemenangan. Contoh yang bisa Dads berikan misalnya, Dads bermain video game dengan Si Kecil dan “mengalah”. Dari sini, Dads bisa menunjukkan sikap yang sesuai saat kalah.

Waktu untuk Menenangkan Diri

Saat Si Kecil kalah, emosi yang ada dalam dirinya pasti meluap. Jadi, sediakan waktu agar Si Kecil tenang dulu. Setelah itu, bicarakan hal mengenai kekalahan yang baru dialami Si Kecil. Berikan masukan dan nasehat, agar sabar dan tidak gampang menyerah akibat kekalahan tersebut. Nasehat yang Dads berikan saat Si Kecil tenang akan lebih mudah diterima dan diingat oleh Si Kecil.

Bersikap Positif

Yang perlu bersikap positif disini bukan hanya Si Kecil. Dads pun harus demikian. Artinya, meskipun Si Kecil mengalami kekalahan, jangan tunjukkan bila Dads kecewa berat dengan hal itu. Tunjukkan bila Dads juga bangga atas perjuangan dan kerja keras yang dilakukan oleh Si Kecil. Dengan demikian, Si Kecil akan merasa bangga dan terhibur. Kekecewaannya juga tidak berlanjut dan bisa mereda. Yang paling penting, Si Kecil juga akan mencontoh sikap positif Dads, yang tentunya baik untuk dirinya.

Evaluasi

Ajak Si Kecil membahas kekalahannya. Cari apa yang bisa membuat Si Kecil kalah. Ini juga bisa menjadi pendukung agar Si Kecil lebih optimis dan bersikap positif terhadap masalah yang dihadapinya. Dan, tentunya, Si Kecil akan dapat berkembang lebih baik setelah menemukan kekurangan yang bisa diperbaiki.

Berikan Semangat

Ini yang paling penting. Si Kecil akan tambah kecewa, bila tidak ada seseorang pun yang mendukung dirinya. Dads dan Moms disini adalah orang yang paling dekat dengan Si Kecil. Jadi wajarlah bila dukungan dari Dads dan Moms akan berdampak besar bagi Si Kecil. Berikan semangat, komentar positif dan dukungan, agar Si Kecil tetap bisa maju dan mampu menghadapi hal-hal di masa mendatang.

Leave a Reply

 

Like Our page