Ajari Anak Menjaga Diri dengan 6 Hal Ini!

January 13, 2017
Ajari Anak Menjaga Diri dengan 6 Hal Ini!

Perlu para orang tua ketahui bahwa mengajari Si Kecil menjaga diri sendiri adalah suatu hal yang sangat penting. Maraknya kasus kejahatan dan penculikan pada anak-anak semakin banyak. Oleh karena itulah orang tua harus membekali anak-anak mereka cara menjaga diri dengan baik. Hal ini bukan berarti Moms dan Dads harus mengajari Si Kecil bagaimana cara berkelahi atau membekali mereka dengan ilmu bela diri.

Anak-Anak yang Terlalu Polos

Hal utama penyebab mengapa tindak kejahatan pada anak kian merebak adalah karena mereka masih sangat polos dan belum mengerti kalau akan ada orang lain yang berbuat jahat. Selain itu, sifat mereka yang mudah dirayu dan tertarik akan suatu hal menjadi faktor pemicu kejahatan yang lainnya. Banyak penculik anak yang pertama-tama akan menawarkan coklat atau permen agar anak tersebut mau ikut dengan mereka. Cara lain yang sering digunakan adalah dengan mengatakan kalau orang tua si anaklah yang meminta mereka untuk menjemputnya di sekolah.

Bagaimana Mengajari Anak Agar Terhindar dari Tindakan Kejahatan?

Pasti Moms dan Dads merasa khawatir akan keselamatan Si Kecil terutama saat pulang sekolah bukan? Terlebih lagi jika jarak antara sekolah dan rumah cukup jauh sehingga Moms atau Dads harus senantiasa mengantar dan menjemput Si Kecil. Lalu, bagaimana jika kita tidak sempat atau telat menjemput mereka? Tenang dan berpikirlah secara bijak ya Moms! Berikut ini ada beberapa tips jitu mengajari anak-anak agar dapat menjaga diri ketika kita tidak berada di dekat mereka.

Jangan Mudah Percaya dengan Orang Asing

Nah, ini merupakan pelajaran pertama yang harus Moms dan Dads terapkan di rumah. Ajarkan pada Si Kecil agar tidak mudah dirayu atau diajak pergi oleh orang yang tidak di kenal kecuali jika orang tuanya sendiri yang mengatakannya.

Mengingat dengan Baik

Moms dan Dads juga perlu mengajari Si Kecil untuk belajar mengingat dengan baik mengenai ciri-ciri orang asing yang berusaha mendekatinya seperti bentuk wajah, pakaian yang dikenakan, atau tanda lain di tubuh.

Jangan Pergi ke Tempat Sepi

Jika Moms atau Dads telat ketika akan menjemput Si Kecil, mintalah agar ia tetap menunggu di dalam sekolah bersama gurunya. Katakan juga pada Si Kecil jangan pergi ke tempat sepi sendirian tanpa adanya orang dewasa yang ia kenal.

Belajar Waspada

Perilaku mudah curiga memanglah tidak baik, akan tetapi Moms dan Dads perlu mengajarkan Si Kecil tentang hal ini. Mintalah ia agar selalu bersikap peka serta waspada dengan keadaan di sekitarnya. Ajari mereka untuk pintar mendeteksi adanya perilaku-perilaku ganjil dari orang asing, misalnya saja tiba-tiba memberi permen, mencoba mendekati dan berbicara, atau ingin mengajaknya membeli mainan.

Berteriak

Si Kecil harus diberitahu agar ia berteriak dengan keras ketika ada orang asing yang berusaha memaksa dan membawanya. Hal itu akan menarik perhatian dari orang-orang di sekitarnya.

Menghafal Alamat dan Nomor Telepon

Penting bagi orang tua untuk mengajari anak-anaknya untuk menghafal alamat rumah serta nomor telepon kedua orang tuanya. Hal ini akan sangat membantu sekali ketika sesuatu terjadi kepada mereka. Si Kecil bisa langsung menghubungi Moms atau Dads ketika merasa terancam atau ada orang asing yang memperhatikannya.

Itulah beberapa tips jitu untuk mengajarkan Si Kecil menjaga diri sehingga dapat terhindar dari segala bentuk kejahatan baik di sekolah ataupun di tempat lain.

Leave a Reply

 

Like Our page