Agar Aman Bermain Trampolin, Ibu Bisa Terapkan Aturan Ini

February 10, 2017
Agar Aman Bermain Trampolin, Ibu Bisa Terapkan Aturan Ini

Si Kecil pasti gemar melompat-lompat terlebih lagi jika di trampolin atau kasur, di tempat yang bertekstur empuk. Jadi wajar jika si Kecil merasa senang bila Moms menyuguhkan permainan trampolin. Walau permainan ini menyenangkan serta direkomendasikan sebagai salah satu aktivitas fisik untuk anak, namun terdapat beberapa aturan untuk si Kecil ketika bermain trampolin. Saat bermain trampolin, si Kecil pastinya merasa dirinya bebas. Bahkan semakin tinggi lompatannya, akan semakin menyenangkan untuk dirinya. Namun tak berarti bahwa kesenangan maupun keceriaan si Kecil ketika bermain trampolin itu aman. Tak sedikit setiap tahunnya, ditemukan anak yang cedera akibat jatuh dari permainan trampolin ini.

Lalu, Bagaimana Aturan Bermain Trampolin Agar Anak Aman?

Untuk Moms yang penasaran, bagaimana seharusnya menyuguhkan permainan trampolin pada si Kecil, berikut ulasannya :

Satu Trampolin Satu Anak

Berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Orthopedic Surgeons, ada beberapa cara agar si Kecil bermain trampolin dengan aman. Cara salah satunya yaitu memastikan satu permainan trampolin hanya untuk 1 anak saja. Dengan bermain trampolin bersama-sama, justru bisa mebahayakan. Hal tersebut bisa menyebabkan risiko cedera yang sangat besar. Selain itu, permainan trampolin juga membutuhkan pengawasan dari Moms atau Dads demi keamanan si Kecil.

Bermain Trampolin untuk Anak 6 Tahun

Rekomendasi lainnya, agar si Kecil aman bermain trampolin adalah pastikan si Kecil sudah berusia 6 tahun. Sebab pada usia 5-6 tahun, si Kecil sudah memiliki koordinasi yang sempurna. Sementara jika masih di bawah usia tersebut, si Kecil sebenarnya dapat dilatih koordinasinya dengan baik hanya saja perlu pengawasan ekstra dari orang tua.

Tidak Melakukan Gerakan Berbahaya

Moms juga perlu memastikan bahwa si Kecil tak melakukan gerakan yang berbahaya. Dimana gerakan yang biasa dilakukan yaitu bouncing atau melompat. Lebih dari itu, Moms sebaiknya tak membiarkan si Kecil melompat lewat gaya salto sebab sangat berbahaya. Selain itu, Moms juga harus memastikan si Kecil tak memakai pakaian atau sepatu yang terdapat benda runcing di dalamnya. Sebab hal tersebut bisa melukai mereka ketika asyik melompat di trampolin.

Posisi Trampolin

Aturan yang perlu Moms perhatikan berikutnya yaitu posisi dari trampolin. Sebaiknya usahakan trampolin terletak di atas tanah bertekstur rata. Ketika mengizinkan si Kecil bermain trampolin, usahakan di sekitar area trampolin terdapat pengaman untuk menjaga anak agar tetap aman walaupun terjatuh di area pinggiran trampolin. Selain itu, usahakan juga letak trampolin terletak jauh dari kolam renang, ataupun pagar.

Leave a Reply

 

Like Our page