5 Aktivitas Seru Ini Bisa Bantu Optimalkan Indra Peraba Si Kecil yang Masih Balita Dads

December 19, 2016
5 Aktivitas Seru Ini Bisa Bantu Optimalkan Indra Peraba Si Kecil yang Masih Balita Dads

Perkembangan tubuh dan fungsi indera Si Kecil memang dapat berlangsung secara alami dan otomatis. Namun, tidak ada salahnya, bila Dads dan Moms juga mendukung dengan memberikan beberapa latihan atau kegiatan yang dapat mengoptimalkan perkembangan indera Si Kecil. Salah satu indera yang paling sering digunakan saat Si Kecil masih balita adalah indera peraba. Si Kecil akan sering menyentuh berbagai barang untuk mengetahui seperti apa barang tersebut. Karena hal ini, Dads dapat mencoba untuk mengoptimalkan indera ini agar Si Kecil lebih mudah mendapatkan informasi yang Si Kecil inginkan.

Bermain Busa

Kegiatan ini dapat membantu Si Kecil untuk mengenal tekstur unik dari busa. Caranya cukup mudah. Dads dapat mengambil wadah berupa ember atau bak kecil dan isi dengan air. Lalu sediakan juga sabun. Ajak Si Kecil untuk mencampur sabun ke dalam air dan mengaduk-aduknya hingga tercipta busa. Ini cara yang menyenangkan untuk mengenal tekstur. Dads juga bisa menambahkan gelas atau sendok, dan biarkan Si Kecil mengisi gelas tersebut dengan air busa itu. Ini juga bisa melatih kemampuan motorik Si Kecil.

Melukis

Kali ini, Dads jangan memberikan kuas untuk melukis. Biarkan Si Kecil melukis dengan tangannya. Yang perlu dipersiapkan adalah kertas sebagai media lukis dan juga cat air yang mudah di bersihkan. Biarkan Si Kecil berkreasi dan menciptakan gambar yang diinginkannya. Dads juga dapat memberikan contoh benda yang bisa digambar, bila Si Kecil tidak tahu harus menggambar apa.

Bermain Pasir

Ada dua cara yang bisa Dads gunakan dengan pasir untuk melatih indera peraba Si Kecil, yaitu:

Membuat lukisan pasir

Caranya, Dads dapat menyediakan media lukis seperti kertas karton warna hitam dan pasir mainan. Lalu beri lem pada permukaan kertas dengan bentuk tertentu. Misalnya, bentuk hewan atau tulisan nama dari Si Kecil. Lalu biarkan Si Kecil menaburkan pasir diatasnya dan membersihkan pasir yang tidak menempel pada lem secara perlahan.

Membentuk benda

Ini bisa dilakukan di pantai atau di taman bermain. Dads dapat mengajak Si Kecil untuk membentuk berbagai bangunan, bentuk hewan atau benda lainnya dengan pasir. Jangan malu untuk ikut bermain bersama Si Kecil. Karena bila Dads ikut bermain bersama, Si Kecil akan merasa nyaman dan senang. Dan, latihan untuk mengasah indera perabanya ini bisa menghasilkan hasil yang lebih baik.

Leave a Reply

 

Like Our page