4 Permainan Kreatif yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Akhir Pekan

January 15, 2017
4 Permainan Kreatif yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Akhir Pekan

Apakah Moms dan Dads sedang kebingungan mencari permainan kreatif yang tepat untuk mengisi liburan bersama Si Kecil? Ya, saat berbagai destinasi liburan yang padat, Moms dan Dads dapat menghabiskan waktu di rumah bersama mereka dengan memainkan beberapa permainan menarik dan seru.

Pentingnya Mengajak Anak Bermain

Salah satu manfaat dari mengajak anak bermain adalah dapat menjalin komunikasi yang baik serta mempererat hubungan anak dengan orang tua. Banyak sekali ditemukan kasus para orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak dapat menemani, mendidik, atau bahkan sekedar mengajak mereka bermain. Akibatnya adalah anak-anak akan kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya sehingga terjadilah beberapa hal yang tak diinginkan seperti membangkang, mudah marah, pemurung, dll. Jadi, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan Si Kecil ya Moms, Dads. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali bagi tumbuh kembang mereka nantinya. Moms dan Dads dapat menggunakan berbagai jenis permainan kreatif yang sangat bermanfaat sekali untuk melatih fungsi otak Si Kecil. Lalu apa sajakah jenis permainan yang dapat merangsang fungsi otak anak-anak?

Macam-Macam Permainan Kreatif

Sepak Bola di Halaman

Dads bisa loh mengajak Si Kecil untuk bermain sepak bola bersama di rumah. Permainan ini sangat seri sekali dimainkan dan dapat merangsang perkembangan motorik anak.

Memasak Bersama

Nah, permainan masak-memasak ini memang didominasi oleh anak perempuan tetapi anak laki-laki juga bisa mencobanya. Disini Moms bisa mengajak Si Kecil untuk belajar membuat berbagai macam kue atau camilan sederhana seperti pudding cokelat, bola-bola cokelat, dll.

Bermain Sepeda

Moms dan Dads dapat mengajak seluruh anggota keluarga untuk bersepeda bersama-sama. Usahakan untuk mencari tempat untuk bermain sepeda yang aman seperti di taman atau lapangan agar Si Kecil tetap aman. Selain menyenangkan, bersepeda bersama juga akan memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk Si Kecil.

Bermain Ular Tangga

Ini adalah permainan tradisional yang sekarang sudah mulai ditinggalkan ya Moms. Padahal permainan ular tangga sendiri dapat merangsang kecerdasan Si Kecil loh. Moms dan Dads bisa mencoba mengajaknya bermain ular tangga di rumah. Permainan ini memiliki gambar dan angka yang lucu serta berwarna-warni. Selain itu juga mampu digunakan untuk mengajari Si Kecil belajar berhitung dan berfikir.

Dengan mengajak anak-anak bermain, para orang tua dapat melakukan tugas ganda yaitu mendampingi serta mengajari mereka dalam waktu yang bersamaan. Dengan mencoba 4 permainan kreatif di atas, Moms dan Dads tidak perlu khawatir lagi ketika ingin menghabiskan waktu liburan bersama Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page