Merries For Moms

Tips Si Kecil yang Baru Lahir Bisa Tidur dengan Aman dan Nyaman

0 2
Tips Si Kecil yang Baru Lahir Bisa Tidur dengan Aman dan Nyaman

Si Kecil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatannya. Namun, selain nutrisi, kualitas tidur Si Kecil juga perlu Moms perhatikan. Tidur merupakan bagian terpenting untuk kesehatan Si Kecil. Tidur menjadi waktu di mana tubuh Si Kecil memulihkan kondisinya dan memperbaiki sel-sel yang rusak, dan ini dibutuhkan sejak Si Kecil baru lahir. Untuk memberikan tidur yang aman dan nyaman seperti ini, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Jangan Tidur Bersama

Memang akan sangat menyenangkan bila Moms tidur satu ranjang dengan Si Kecil yang baru lahir. Perasaan ingin melindungi yang Moms rasakan juga menjadi hal yang membuat Moms ingin melakukan ini, tap sebaiknya jangan melakukan ini. Bila Moms tidur bersama, bukan hanya ada resiko tertindih, Si Kecil juga dapat kekurangan oksigen karena harus berebut dengan Moms dan Dads. Kalau ingin tidur dalam satu ruangan bersama, maka pastikan Si Kecil ada ranjang tersendiri di dalam ruangan tersebut.

Kualitas Tempat Tidur Si Kecil

Pastikan tempat tidur Si Kecil empuk, nyaman dan aman atau tidak mudah roboh dan dilindungi oleh pagar atau pelindung di sekeliling ranjang. Dengan memilih ranjang yang seperti ini, maka Si Kecil akan aman meski banyak bergerak saat malam.

Tempat Tidur yang Lapang

Selain nyaman, pastikan Si Kecil merasa lebih bebas saat tidur di tempat tidurnya. Memang, terlihat lucu saat Si Kecil tidur dikelilingi oleh boneka dan mainan. Tapi, itu akan membuatnya tidak bebas. Boneka dapat menjadi tempat berkumpulnya debu dan kuman, yang tentunya tidak baik bagi Si Kecil.

Balut Tubuh Si Kecil

Salah satu cara untuk membuat tubuh Si Kecil tetap aman, nyaman dan hangat adalah dengan membalutnya dengan kain. Moms mungkin mengenal cara ini dengan nama “Membedong”. Cara ini bisa membuat Si Kecil merasa hangat dan santai yang memudahkannya untuk memasuki tahap tidur lebih dalam. Pada tahap inilah, tubuh Si Kecil dapat pulih lebih cepat. Ditambah lagi, Si Kecil juga akan terlindung dari nyamuk.

Posisi Si Kecil

Posisikan tubuh Si Kecil dalam kondisi terlentang. Posisi ini akan membuat Si Kecil lebih mudah bernafas. Organ tubuh Si Kecil juga dapat bekerja dengan baik dalam posisi ini. Ditambah lagi, posisi ni mengurangi resiko terjadinya sesak nafas.

artikel terkait

komentar