Tips Mudah Atasi Ruam Susu

November 18, 2016
Tips Mudah Atasi Ruam Susu

Dermatitis atopik atau ruam susu adalah kondisi saat bintik-bintik merah muncul di pipi Si Kecil. Diberi nama ruam susu karena pipi merupakan salah satu area yang paling sering terkena tetesan ASI atau susu. Hal tersebut yang kemudian mengundang munculnya ruam dan membuat para ibu mengira kalau gangguan kulit tersebut diakibatkan susu. Padahal, Moms, ruam susu tidak diakibatkan tetesan susu maupun ASI.

Lantas, apa faktor penyebab munculnya ruam susu? Masalah kulit tadi muncul saat Si Kecil menerima ASI dari Moms yang gemar mengonsumsi makanan pemicu alergi seperti daging ayam, telur, maupun kacang-kacangan. Selain makanan, temperatur panas, polusi udara, tungau, kuman-kuman yang berada di udara, hingga benda-benda di rumah seperti selimut atau bantal pun dapat memicu munculnya ruam susu pada pipi Si Kecil.

Si Kecil yang mengalami ruam susu akan merasakan sensasi gatal dan membuatnya kurang nyaman. Bahkan ruam susu dapat menyebar hingga ke bagian tubuh lain seperti leher dan punggung yang tidak terkena sentuhan susu. Jika Moms menyadari kemunculan bintik-bintik merah pada permukaan kulit Si Kecil, segera kurangi makanan pemicu alergi.

Cara-cara di bawah ini dapat Moms terapkan untuk mengurangi gejala ruam merah pada si Kecil:

Jangan Pakai Air Hangat

Si Kecil yang masih bayi mungkin belum terlalu kuat menghadapi air dingin. Namun saat dia terserang ruam susu, Moms harus menghindari pemakaian air hangat karena akan membuat kulitnya kering dan meningkatkan sensasi gatal pada Si Kecil. Diamkan air hangat sampai suhunya mendekati dingin.

Menggunakan Pelembap

Ketika Moms sedang memandikan Si Kecil, pakai sabun yang mengandung pelembap. Cara lain yang bisa Moms terapkan adalah mengoleskan pelembap pada permukaan kulit bayi yang terkena ruam susu. Pastikan Moms menggunakan pelembap tanpa parfum.

Jaga Kebersihan Kulit Si Kecil

Segera bersihkan kulit Si Kecil kalau Moms tanpa sengaja menumpahkan susu ke pipinya. Losion juga dapat membantu untuk mencegah munculnya ruam susu. Sebab, kalau bagian pipi yang gatal digaruk akan memicu munculnya luka yang memperburuk kondisinya.

  • Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari

Ketika Si Kecil mengalami ruam susu, pastikan Moms tidak mengarahkannya ke arah sinar matahari. Selain membuat Si Kecil berkeringat, ruam susu yang dialaminya pun semakin parah. Pastikan Si Kecil berada di lingkungan sejuk agar tetap nyaman.

Leave a Reply

 

Like Our page