Tips Jitu Membiasakan Si Kecil Tidur Sendiri

November 12, 2016
Tips Jitu Membiasakan Si Kecil Tidur Sendiri

Berhasil menidurkan anak sepanjang malam merupakan sesuatu yang kerap Moms banggakan meski si Kecil tidur di mana pun. Namun, seiring bertambahnya usia, si Kecil akan sampai pada tahap untuk tidur di kamarnya sendiri. Sayangnya, seperti menidurkan, mengajaknya untuk beristirahat di ruangannya pun bukan perkara mudah. Dibutuhkan pengertian di antara Moms dan Dads dengan si Kecil agar keinginan ini sukses terwujud.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Moms terapkan supaya si Kecil mau tidur sendiri.

Cari Tahu Alasannya Nyaman Tidur di Kamar Moms

Ada banyak alasan yang membuat si Kecil lebih nyaman tidur di kamar Moms. Mulai dari suasana, suhu, hingga sekadar mencari perhatian karena belum terbiasa tidur sendiri. Jika Moms sudah tahu alasannya, pasti tidak akan sulit untuk mencari solusi tepat agar si Kecil mau tidur sendirian. Selain itu, Moms juga dapat mengondisikan kamar si Kecil sesuai keinginannya supaya dia merasa nyaman.

Menciptakan Ritual Sebelum Tidur

Si Kecil kadang butuh ditenangkan sebelum dia tidur di kamarnya sendiri. Moms dapat melakukan atau menciptakan ritual seperti membacakan dongeng pengantar tidur atau menyanyikan beberapa lagu yang bisa membuatnya terlelap lebih cepat. Pastikan kegiatan-kegiatan dalam ritual tersebut tidak membuat tubuh si Kecil aktif dan menyulitkannya untuk tidur.

Memberikan “Perlindungan” untuk Tidur

Beberapa anak merasa nyaman setelah mengetahui ada semacam perlindungan yang akan menemani mereka melewati malam di kamarnya. Bentuk perlindungan ini pun beragam, mulai dari boneka hingga bantal-bantal berbentuk lucu yang digemari si Kecil. Perlindungan tadi bertujuan untuk mengganti rasa nyaman yang diberikan Moms kepada si Kecil saat masih tidur bersama.

Mengatur Pencahayaan di Kamar Si Kecil

Pencahayaan remang atau kegelapan total di kamar tak jarang memberi aura teror kepada si Kecil. Maka tak heran kalau mereka sering ketakutan dan membuatnya jadi sulit tidur. Moms dapat mengakali hal ini dengan mengatur pencahayaan di kamar si Kecil. Pasang lampu tidur yang sanggup menerangi sebagian besar area kamar tidur tanpa membuat ruangan terlalu terang.

Selain empat poin di atas, Moms juga harus bisa bersabar saat mengajak atau melatih si Kecil agar mau tidur di kamarnya sendiri. Jelaskan pula bahwa tidur sendiri pun akan membawa manfaat kepada si Kecil kelak.

Leave a Reply

 

Like Our page