Tips Cegah Si Kecil yang Masih Bayi Terjatuh

November 19, 2016
Tips Cegah Si Kecil yang Masih Bayi Terjatuh

Menjaga si kecil tetap aman sepertinya hal yang cukup sulit dilakukan ya Moms. Terkadang si kecil bisa jatuh dengan sendirinya walaupun Moms sudah mengawasi dan menjaganya dengan sangat ketat. Kejadian si kecil jatuh tentunya bukanlah hal dan kondisi baru. Moms bisa mengalaminya setiap saat. Apalagi bila si kecil sedang tidur, pastinya si kecil lebih beresiko untuk jatuh dari atas tempat tidur. Nah, untuk mencegah si kecil terjatuh, inilah beberapa tips yang harus perhatikan.

Memperhatikan Pergerakan Si Kecil

Mendapati si kecil jatuh dari tempat tidur sepertinya sudah menjadi peristiwa yang lazim dan sangat biasa terjadi. Biasanya hal ini akan dialami oleh si bayi yang sudah bisa menggerakan anggota badannya, tengkurap, ataupun merangkak. Pergerakan si kecil yang aktif pastinya membuat Moms kewalahan untuk menjaganya agar tak terjatuh dari atas ranjang. Selain faktor pergerakan, biasanya keseimbangan tubuh si kecil juga menjadi permasalahan yang membuat si kecil mudah jatuh. Liatlah bentuk badan si kecil apakah cukup proporsional atau tidak. Bila si kecil memiliki kepala lebih besar daripada tubuhnya, maka si kecil akan kesulitan untuk mengatur arah pergerakan badannya. Hal ini pastinya membuat si kecil lebih mudah jatuh ketika bergerak.

Meningkatkan Kewaspadaan

Langkah selanjutnya untuk mencegah si kecil jatuh adalah dengan meningkatkan kewaspadaan Moms. Selalu waspada dan berhati – hati ya Moms. Mungkin ada faktor – faktor lainnya yang menyebabkan si kecil bisa terjatuh. Bila si kecil tidur diatas ranjang dan terjatuh, bisa jadi karena si kakak menarik tempat tidur. Dan bila si kecil sedang berjalan, mungkin saja dia tersandung. Kedua hal tersebut bisa menjadi alasan kenapa si kecil bisa mudahnya terjatuh. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Moms tetap waspada dan menjaga si kecil. Jangan tinggalkan si kecil yang sedang berjalan atau tidur walaupun hanya sebentar. Intinya Moms jangan teledor dalam mengawasi si kecil.
Menggunakan Tempat Tidur Yang Aman

Mengatur posisi tidur si kecil sangat perlu karena biasanya si kecil akan banyak gerak yang membuat posisinya berubah dan tak stabil. Moms juga memaksimalkan kasur tidur untuk si kecil. Misalnya dengan menambah keamanannya dengan memasang pagar pengaman permanen diatas ranjang agar si kecil tak terjatuh lagi. Pasanglah pengaman ini dibagian kiri dan kanan tempat tidur si kecil agar Moms bisa merasa lebih aman bila meninggalkannya sebentar.

Leave a Reply

 

Like Our page