Merries For Moms

Tips Agar Si Kecil Nyaman Saat Dipakaikan Diapers

0 1
Tips Agar Si Kecil Nyaman Saat Dipakaikan Diapers

Melakukan perawatan untuk Si Kecil tak jarang membuat Moms pusing sendiri, apalagi kalau Moms dan Dads adalah orangtua baru. Kegiatan tersebut seringkali diselingi tangis dan aksi Si Kecil yang cukup sulit dipahami Moms. Salah satu aktivitas yang kerap menyita waktu adalah memakaikan maupun mengganti diapers Si Kecil. Kadang Si Kecil tidak nyaman dengan bahan dari diapers yang dipakai dan membuatnya semakin sulit untuk ditenangkan.

Tidak sampai di sana, kegiatan memakaikan dan mengganti diapers semakin menantang kala Si Kecil mulai bisa merangkak. Namun, kegiatan ini sebenarnya bisa menjadi menyenangkan kalau Moms tahu cara-cara yang tepat untuk melakukannya, seperti yang disebutkan di bawah ini:

Ajak Si Kecil Mengobrol

Ketika Moms sedang memakaikan atau menggantikan diapers Si Kecil, alihkan perhatiannya dengan cara sederhana seperti mengobrol atau bercanda. Mungkin Si Kecil belum memahami ucapan Moms, tetapi gestur kecil dari tubuh dapat membuatnya melupakan proses menggantikan diapers yang sedang Moms lakukan. Terapkan metode ini secara lembut, apalagi kalau Si Kecil menolak atau mengoceh. Moms juga harus sabar dalam menghadapinya, ya.

Nyanyikan Lagu Sederhana

Moms, jangan ganggu keasyikan Si Kecil yang sedang bermain di tengah aktivitas penggantian diapers, ya. Untuk mengalihkan perhatiannya, Moms dapat membuat aktivitas lain yang menyenangkan seperti menyenandungkan lagu-lagu sederhana yang mampu mengalihkan perhatiannya. Lakukan pula gerakan-gerakan dengan tangan seakan-akan Moms sedang menari. Moms juga dapat memakai lagu sebagai salah satu pengiring proses penggantian diapers.

Memberikan Si Kecil Mainan

Metode lain yang akan membuat sesi memakaikan diapers jadi menyenangkan adalah dengan memberi Si Kecil mainan favoritnya. Jika dia mempunyai boneka atau robot-robotan favorit, segera manfaatkan agar perhatiannya tidak tertuju pada diapers yang hendak Moms pakaikan. Selain itu, cara ini pun akan meningkatkan kemampuan motoriknya. Jadi, selain mengganti diapers dengan cara menyenangkan, pertumbuhan Si Kecil pun akan semakin optimal.

Pancing Agar si Kecil Tertawa

Dari segi psikologis, tertawa mampu meredakan stres hingga meningkatkan ikatan secara emosional antara Moms dengan Si Kecil. Moms dapat memancing Si Kecil untuk tertawa lewat kegiatan seperti mengganti diapers. Permainan cilukba dan memasang ekspresi wajah lucu adalah salah dua hal yang dapat Moms praktikan supaya gelak tawa Si Kecil muncul. Jika Moms berhasil, segera manfaatkan momen tadi untuk mengganti diapers-nya.

artikel terkait

komentar