Tingkatkan Motorik Halus Si Kecil dengan Membuat Kue Bersama Yuk Moms!

December 2, 2016
Tingkatkan Motorik Halus Si Kecil dengan Membuat Kue Bersama Yuk Moms!

Saat Si Kecil berusia 1 hingga 3 tahun, kemampuan motoriknya sedang sangat berkembang pesat. Jadi, Moms harus mendukung fase penting ini, agar fungsi motorik Si Kecil dapat lebih berkembang maksimal. Lalu, pertanyaan pentingnya, dengan cara apa Moms bisa mendukung perkembangan motorik Si Kecil? Ada banyak cara, tapi kalau Moms ingin menggunakan cara yang lebih menyenangkan, coba ajak Si Kecil membuat kue bersama. Cara yang terlihat menyenangkan dan mudah ini ternyata mampu melatih kemampuan motorik halus Si Kecil.  Ada banyak manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan dari kegiatan menyenangkan ini.

Pertama, Moms dapat melatih Si Kecil untuk mengenal tekstur dari bahan yang digunakan membuat kue. Ini dapat melatih indera peraba Si Kecil untuk mengenal berbagai bentuk dan tekstur. Informasi yang didapat dari menyentuh langsung seperti ini akan lebih baik daripada saat Moms mengajarinya dengan cara memberitahunya. Tapi agar lebih efektif, Moms juga bisa mengenalkan bahan tersebut dengan mengatakan dan menjelaskannya. Ini akan membuat Si Kecil lebih mudah mengerti dan ingat. Dengan menyentuh tekstur ini, Si Kecil juga akan bisa membedakan antara padat, cair, serbuk, licin, lengket dan lainnya.

Setelah mengenal bahan, tahap selanjutnya mencampur bahan dalam wadah. Minta Si Kecil untuk melakukannya dengan hati-hati. Si Kecil dapat terlatih koordinasi mata maupun tangannya saat melakukan ini. Kegiatan ini juga bisa melatih refleks Si Kecil. Khususnya saat harus menyeimbangkan wadah agar bahan tidak tumpah. Namun, bukan berarti Moms harus marah atau kecewa saat ada bahan yang tercecer atau tumpah. Ini juga bisa Moms gunakan untuk melatih tanggung jawab dan disiplin untuk Si Kecil. Coba Moms menyuruh Si Kecil untuk membersihkan, dan beri pujian untuk Si Kecil setelah berhasil melakukannya.  Pujian bisa dalam bentuk pujian dengan kata-kata, pelukan atau lainnya.

Saat mencetak dan mengolah adonan, Moms dapat memakainya untuk melatih koordinasi tangannya. Menggiling, menggulung, atau menggunakan cetakan adonan untuk membuat satu bentuk, bisa memperkuat kemampuan motorik halus Si Kecil.

Langkah terakhir saat menghias kue juga menjadi kegiatan yang tidak hanya menyenangkan. Ini juga bisa menjadi cara untuk melatih kreativitas Si Kecil. Biarkan Si Kecil menghias kuenya sesuai dengan keinginannya. Setelah itu, Moms bisa memanggangnya atau memasaknya, dan saat hasil akhirnya selesai, ini akan menjadi satu kepuasan tersendiri untuk Si Kecil karena sudah berusaha dan berhasil membuat sesuatu.

Leave a Reply

 

Like Our page