Merries For Moms

Rawat Si Kecil yang Lahir Prematur dengan Membacakan Buku

0 2
Rawat Si Kecil yang Lahir Prematur dengan Membacakan Buku

Dikatakan bila buku adalah sumber ilmu yang berguna untuk hidup setiap orang. Tapi, apakah Moms tahu bila buku ternyata juga berguna untuk Si Kecil yang lahir prematur? Moms bisa membacakan buku dan memberikan manfaat yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Perlu diketahui, saat Si Kecil lahir secara prematur, maka dibutuhkan perawatan lebih untuk memastikan bila Si Kecil dapat tumbuh dengan baik. Dan, salah satu caranya adalah membacakannya buku.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Kecil dengan dibacakan buku.

Melatih Indera Pendengaran Si Kecil

Saat Si Kecil lahir prematur, bisa dikatakan bila beberapa inderanya belum berkembang sempurna layaknya saat dia lahir secara normal. Jadi, dibutuhkan rangsangan lebih untuk membantu perkembangan indera Si Kecil. Salah satu yang bisa dilakukan dengan membaca buku adalah untuk merangsang indera pendengarannya.

Saat Moms membacakan buku, maka Si Kecil akan mendapatkan rangsangan bunyi yang dapat membantu perkembangan indera pendengarannya. Dengan merangsang indera pendengaran Si Kecil akan dapat membuat Si Kecil lebih mudah berbicara juga. Lakukan ini secara rutin, maka Si Kecil akan terbantu untuk bisa berkomunikasi di masa depannya.

Berguna untuk Otak Si Kecil

Otak merupakan salah satu organ terpenting. Perkembangan otak yang sempurna akan mempengaruhi kemampuan Si Kecil lainnya. Mulai dari kemampuan motorik, kognitif hingga sosialisasi Si Kecil saat tumbuh dan berteman nantinya. Alasan mengapa membacakan buku bisa membantu perkembangan otak Si Kecil adalah, saat Moms membacakannya Si Kecil akan mendapatkan kosakata dan suara untuk diproses oleh otaknya. Dengan dibacakan buku secara rutin, maka otak Si Kecil akan terus terangsang dan tumbuh normal. Ditambah lagi, cara ini juga membuat kemampuan berbahasa SI Kecil bertambah lebih baik lagi.

Kemampuan Berkomunikasi

Si Kecil juga akan terlatih untuk berkomunikasi dan memperhatikan orang lain berbicara, dalam hal ini adalah Moms yang membacakan buku. Moms bisa melihatnya langsung dari kontak mata Si Kecil saat Moms membacakan buku. Membacakan buku seperti ini juga akan membangun hubungan batin yang lebih baik dengan Moms.

Jadi, dengan adanya 3 manfaat dari membacakan buku ini, jangan ragu melakukannya untuk Si Kecil, Moms! Tentu saja agar efeknya lebih bagus, Moms juga harus memilih buku yang tepat dan berguna untuk Si Kecil. Misalnya kisah-kisah tokoh agama atau pahlawan, atau cerita anak yang bisa menunjukkan sifat-sifat baik. Dengan cara ini maka Moms juga dapat sedikit banyak membantu pembentukan karakter dari Si Kecil.

artikel terkait

komentar