Panduan Menyiapkan MPASI Jadi Lebih Mudah

November 13, 2016
Panduan Menyiapkan MPASI Jadi Lebih Mudah

Memang ada anjuran untuk memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil selama 2 tahun. Akan tetapi, ada kalanya memberikan ASI secara eksklusif sulit untuk dilakukan, khususnya bila Moms sibuk bekerja dan hanya mempunyai waktu sedikit untuk memberikan ASI. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mempersiapkan MPASI atau makanan pendamping ASI.

MPASI dapat Moms berikan saat Si Kecil berusia 6 bulan ke atas, di mana Si Kecil membutuhkan asupan gizi yang bervariasi. Ada banyak jenis MPASI yang bisa Moms pilih. Tapi, satu hal penting yang harus Moms cermati adalah MPASI haruslah berbentuk cairan atau mengandung banyak cairan. Ini dikarenakan sistem pencernaan Si Kecil belum cukup kuat untuk mengolah makanan yang keras.

Untuk mempersiapkan MPASI lebih mudah, Moms dapat menggunakan slow cooker atau baby food maker. Masukkan saja semua bahan yang ingin digunakan dalam alat ini, lalu tambahkan air atau susu formula untuk Si Kecil atau ASI. Hanya dengan cara ini saja, Moms sudah bisa membuat MPASI dengan mudah. Untuk bahan, ada berbagai bahan yang bisa Moms gunakan, misalnya:

  • Usia 6-8 bulan, pepaya, apel, pisang, brokoli, wortel, kacang merah dan kedelai.
  • Usia 8-9 bulan, sama dengan usia 6-8 bulan dan boleh ditambah daging sapi, ayam (pilih yang tanpa lemak), tempe, tahu, tenggiri, keju alami atau keju khusus Si Kecil, dan lainnya.
  • Usia 9-12 bulan, Moms bisa mulai menambah sayur berserat seperti buncis muda dan juga kuning telur matang. Moms juga dapat memberikan makanan seperti makaroni atau pasta. Tapi, hindari mie instan, karena bumbunya yang mengandung garam dan penyedap rasa.

Yang perlu Moms perhatikan juga, pastikan semua alat yang digunakan untuk mengolah dan menyajikan MPASI benar-benar bersih. Sterilisasi, seperti merebusnya sejenak dalam air mendidih, untuk membuatnya benar-benar higienis dan bebas dari kuman yang berbahaya.

Agar lebih mudah menyiapkan MPASI, Moms juga dapat menyimpan hasil olahan MPASI ini dalam freezer. Namun, yang perlu diingat, makanan ini hanya dapat bertahan selama maksimal 30 hari. Jadi, Moms harus benar-benar memperhatikan lama penyimpanan ini agar tidak memberikan Si Kecil makanan yang tidak sehat. Tapi, cara ini juga dapat menjadi solusi untuk Moms yang sibuk dan tidak punya waktu memberikan ASI. Pada dasarnya, yang dibutuhkan adalah pemilihan cara yang tepat untuk mempermudah persiapan MPASI.

Leave a Reply

 

Like Our page