Panduan Mengenalkan Finger Food pada Bayi

February 16, 2017
Panduan Mengenalkan Finger Food pada Bayi

Finger Food adalah nama aktivitas dimana Si Kecil memakan makanan yang mereka inginkan dengan tangan mereka sendiri. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memberikan Finger Food ini. Misalnya, fungsi motorik dan indera peraba Si Kecil dapat terlatih sejak dini. Selain itu, hal ini juga membantu Si Kecil untuk mendapatkan informasi mengenai hal yang ada disekitarnya. Jadi, dari sisi mental dan perkembangan otak, Finger Food sangat baik untuk Si Kecil. Karena itu, Moms dapat mengenalkan Finger Food ini pada Si Kecil sejak dini. Berikut beberapa hal yang harus Moms lakukan untuk mengenalkan cara ini pada Si Kecil.

Pola Makan Keluarga

Ajak Si Kecil makan bersama. Dengan cara ini, maka Si Kecil dapat mengetahui bagaimana orang terdekatnya makan. Selain itu, berikan juga beberapa makanan yang sudah dipotong dalam bentuk kecil pada Si Kecil. Gunakan piring berdesain lucu untuk menarik perhatian Si Kecil. Moms bisa memberikan makanan dengan tekstur lembek dan keras. Hal ini dapat melatih Si Kecil untuk mengenal makanan yang akan dia makan.

Memilih Makanan

Cara pertama diatas dapat digunakan agar Si Kecil tahu bagaimana makan makanan dengan tangan mereka sendiri. Namun, untuk amannya, Moms dapat memilihkan makanan yang pas untuk Si Kecil. Dalam hal ini, karena pencernaan Si Kecil belum terbentuk sempurna, gigi mereka juga belum tumbuh, maka berikan makanan yang mudah dimakan. Syarat makanan yang bisa diberikan adalah makanan tersebut harus mudah lumer di dalam mulut. Ada beberapa sayuran yang dapat menjadi lembek dan mudah di makan saat direbus. Moms dapat memilih beberapa sayuran ini.

Ukuran Makanan

Sebaiknya memberikan ukuran makanan yang sesuai dengan tangan Si Kecil dan juga ukuran mulut Si Kecil. Namun, Moms juga harus menyesuaikan ukuran ini dengan tekstur makanan tersebut. Misalnya, untuk apel dan semangka, Moms harus memberikan apel dalam ukuran yang lebih kecil dari semangka. Hal ini dikarenakan semangka lebih mudah hancur dan lumer dari pada apel.

Jenis Makanan

Hindari pemberian makanan yang keras. Makanan jenis ini dapat membuat Si Kecil tersedak. Dan, hal ini dapat berbahaya untuk kesehatan Si Kecil. Selain itu, jangan juga memberikan yang tidak sehat, seperti permen dan cokelat yang mengandung gula tinggi. Hal ini dapat membuat Si Kecil terkena obesitas dan gangguan lainnya.

Leave a Reply

 

Like Our page