Merries For Moms

Mitos dan Kebiasaan yang Salah dalam Merawat Anak yang Masih Bayi

0 17
Mitos dan Kebiasaan yang Salah dalam Merawat Anak yang Masih Bayi

Jika Moms memperhatikan, ada banyak sekali mitos dan kebiasaan yang salah tentang cara merawat Si Kecil terutama ketika masih bayi. Kebanyakan wanita malah menganggap semua kebiasaan itu benar dan terus diterapkan.

Tradisi dan Mitos

Mitos memang tidak bisa terlepas dari tradisi yang ada di tiap-tiap daerah. Ternyata masyarakat Indonesia juga memiliki tradisi mengenai tata cara merawat bayi. Biasanya tradisi dari orang Jawa lah yang terlalu banyak memiliki mitos-mitos seputar cara merawat bayi seperti menaruh gunting, sapu lidi, bawang merah, dan sebagainya. Meskipun terkesan tak masuk akal tetapi bagi sebagian besar orang tua masih tetap saja mempercayainya karena sudah merupakan tradisi. Bukan hanya di Jawa saja, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi yang berbeda sehingga terdapat mitos yang berbeda pula. Ada beberapa studi yang membuktikan kalau beberapa mitos serta kebiasaan yang selama ini dipakai untuk merawat bayi adalah salah dan bahkan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Si Kecil.

Apa Mitos serta Kebiasaan yang Salah?

Membungkus Si Kecil dengan Gurita

Gurita adalah cara yang sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat kita. Jika Moms di rumah melakukan hal ini, maka sebaiknya jangan diteruskan lagi. Dengan melilit Si Kecil yang masih bayi dengan gurita malah akan membuatnya sulit bernafas.

Memencet Hidup Agar Mancung

Banyak yang beranggapan kalau memencet hidup bayi yang baru lahir akan membuatnya mancung saat dewasa. Hal tersebut sangat diyakini karena tulang Si Kecil masih tergolong tulang rawan yang mudah sekali dibentuk. Apakah itu benar? Tindakan tersebut tentu saja salah dan dapat berakibat fatal karena dapat menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi apabila terlalu sering ditarik.

Memberi Si Kecil Kopi

Ada mitos jadul yang beranggapan kalau memberi Si Kecil kopi pada saat masih bayi akan menjadikan jantungnya tubuh lebih kuat. Tindakan tersebut adalah salah besar karena kandungan kafein pada kopi malah berdampak buruk bagi bayi. Kafein memiliki efek yang sangat kuat sehingga dapat mempengaruhi sistem saraf pada Si Kecil dan meningkatkan detak jantung serta aliran darah. Tubuh Si Kecil yang masih rawan masih belum terlalu kuat sehingga menyebabkan gelisah, sering menangis, susah tidur, dll.

Menjemur Bayi

Menjemur bayi dipercaya mampu menjadikan tulang-tulangnya tumbuh dengan baik karena sinar matahari pagi mengandung Vitamin D. Hal tersebut memanglah benar tetapi jika dilakukan dengan tepat dan benar. Jika Moms ingin menjemur Si Kecil sebaiknya jangan terlalu lama sekitar 10 hingga 15 menit saja dan tidak perlu dilakukan setiap hari.

Memandikan dengan Air Dingin

Ada mitos yang mengatakan jika memandikan bayi dengan air dingin bisa membuat jantung dan tubuhnya kuat. Hal tersebut tidaklah benar, Moms karena tubuh Si Kecil masih tergolong lemah dan rawan terhadap penyakit. Memandikannya dengan air dingin akan membuat tubuhnya menggigil kedinginan dan terserang flu.

Itulah beberapa mitos dan kebiasaan yang salah dimana hingga sekarang masih tetap di lakukan oleh sebagian besar masyarakat. Moms dan Dads di rumah harusnya lebih berhati-hati lagi saat merawat Si Kecil yang masih bayi. Sebaiknya konsultasilah dengan dokter anak agar mendapatkan informasi logis sehingga tidak akan melakukan mitos dan kebiasaan yang salah ketika merawat buah hati kalian.

artikel terkait

komentar