Merries For Moms

Mau Memberi Si Kecil Susu Formula? Ikuti Aturan Ini Ya Moms!

0 6
Mau Memberi Si Kecil Susu Formula? Ikuti Aturan Ini Ya Moms!

Memilih antara ASI atau susu formula sudah lama menjadi dilema banyak ibu. Moms yang sedang dalam tahap menyusui si Kecil pun mungkin akan atau sedang bertemu pilihan sulit ini. Meski sebagian besar ahli menyatakan ASI sebagai sumber kehidupan terbaik bagi si Kecil, tetapi tidak semua ibu mempunyai kapasitas menyusui yang baik. Beberapa di antara mereka bahkan tidak sanggup memberikan ASI bagi sang buah hati dan mau tak mau menggunakan susu formula sebagai alternatif.

Apa Moms adalah salah satu di antaranya? Sebelum memberikan susu formula untuk si Kecil, sebaiknya simak tip di bawah ini untuk memilih dan memberikan susu formula yang tepat.

Kadar dan Frekuensi Pemberian

Dua hal ini harus Moms perhatikan sebelum memberikan susu formula untuk si Kecil. Karena kondisi tubuh yang masih rentan, si Kecil hanya bisa menerima susu formula secara bertahap. Selain itu, jenis susu tersebut tidak seperti ASI yang mudah dicerna sistem pencernaan si Kecil. Moms dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan kadar dan pemberian yang akurat.

Rutin Membersihkan Botol Susu

Karena si Kecil tidak akan menyusui dari payudara, maka Moms harus senantiasa membersihkan botol susu yang digunakan. Berbeda dengan ASI yang steril, sisa susu formula yang menempel di permukaan botol dapat menjadi tempat sempurna untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Kemudian, Moms juga harus mengetahui cara membersihkan botol susu dan tutupnya dengan tepat.

Memilih Botol Susu Khusus Bayi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ternyata tidak semua botol susu aman digunakan untuk si Kecil. Carilah botol susu yang menggunakan label BPA-free yang terbuat dari polipropilen dan plastik polietilen yang relatif aman untuk si Kecil. Pastikan Moms tidak mencuci atau merebusnya, karena suhu tinggi akan mempengaruhi bahan kimia pada botol susu tersebut.

Memahami Cara Membuat Susu

Sebelum menyeduh susu formula, Moms harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan memakai sabun. Kemudian, pelajari tata cara membuat susu formula yang tertera pada kemasannya. Jangan mengurangi atau menambahkan jumlah sendok, karena hal tersebut akan memberi pengaruh kepada pencernaan si Kecil nantinya. Pakai air bersih untuk menyeduh susu formula.

Itulah poin-poin penting yang dapat Moms lakukan saat hendak memberikan susu formula kepada si Kecil. Semoga bisa bermanfaat!

artikel terkait

komentar