Mana yang Lebih Baik untuk Si Kecil, Kelambu atau Obat Nyamuk?

November 15, 2016
Mana yang Lebih Baik untuk Si Kecil, Kelambu atau Obat Nyamuk?

Nyamuk merupakan hewan yang jamak ditemui di Indonesia. Iklim tropis Indonesia menjadi tempat paling enak untuk hewan penghisap darah ini berkembang biak. Tapi, hal ini juga menjadi salah satu masalah yang bisa mengganggu tidur Si Kecil. Padahal, waktu tidur merupakan waktu paling penting untuk pertumbuhan Si Kecil.  Sebenarnya, ada dua solusi yang bisa Moms gunakan untuk melindungi Si Kecil dari nyamuk. Dua cara tersebut adalah memakai kelambu anti nyamuk atau obat nyamuk. Pertanyaan pentingnya, manakah yang lebih baik untuk Si Kecil?

Kelambu

Kelambu memang sangat efektif melindungi Si Kecil dari nyamuk. Namun, Moms harus memperhatikan usia Si Kecil. Paling cocok, kelambu digunakan saat usia Si Kecil sebelum dua bulan. Saat usia ini, Si Kecil belumlah terlalu aktif dan banyak bergerak. Tapi, saat Si Kecil mulai berusia dua bulan, dan mulai banyak bergerak, kelambu tidak akan cocok. Hal ini disebabkan, Si Kecil bisa menariknya dan mungkin akan jatuh menimpa tubuh Si Kecil.

Lotion Anti Nyamuk

Cara yang kedua dengan menggunakan lotion anti nyamuk jauh lebih efektif. Moms dapat menggunakannya tanpa khawatir. Si Kecil juga akan lebih bisa bergerak bebas tanpa ada gangguan. Tetapi, Moms juga harus berhati-hati menggunakan lotion anti nyamuk. Pastikan, Moms menggunakan lotion anti nyamuk yang khusus dibuat untuk Si Kecil. Obat lotion anti nyamuk untuk orang dewasa terlalu kuat dan bisa memberikan masalah pada kulit Si Kecil.

Ada juga yang perlu Moms perhatikan, sebaiknya Moms menggunakan obat ini untuk Si Kecil saat dia berusia lebih dari dua bulan. Di usia ini, Si Kecil mempunyai daya tahan yang lebih baik. Saat mengolesi Si Kecil dengan obat anti nyamuk, pastikan Si Kecil tidak memakai tabir surya sebelumnya. Bila Si Kecil memakai tabir surya sebelum Moms mengoleskan lotion anti nyamuk, maka hal ini akan dapat meningkatkan kadar DEET (Diethyltoluamide) dalam darah Si Kecil. DEET merupakan zat yang bersifat racun dan tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuh Si Kecil.

Jadi, bila harus memilih mana yang lebih baik antara kelambu dan obat anti nyamuk, maka Moms dapat memilih keduanya, dengan menggunakan pada waktu yang berbeda. Kelambu dapat Moms gunakan saat Si Kecil belum berusia 2 bulan. Dan setelah usia tersebut, Moms dapat menggunakan lotion anti nyamuk untuk Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page