Merries For Moms

Ini Kebutuhan Jam Tidur Bayi Berdasarkan Usianya

0 64
Ini Kebutuhan Jam Tidur Bayi Berdasarkan Usianya

Tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh yang paling baik dan tepat. Jam tidur yang paling disarankan bagi orang dewasa pada umumnya adalah 8 jam dalam sehari. Hal tersebut sangat dianjurkan sekali oleh dokter karena dalam 24 jam manusia pergi beraktivitas seharian.

Pentingnya Tidur

Tidur sangat penting sekali karena tak hanya mampu mengistirahatkan tubuh serta pikiran tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Sebuah penelitian di Eropa menunjukkan kalau orang yang memiliki jam tidur kurang akan beresiko terkena serangan jantung dan juga stroke dalam kurun waktu 7 hingga 25 tahun.

Jam Tidur Si Kecil

Meskipun tidak memiliki terlalu banyak aktivitas dan pekerjaan layaknya orang dewasa, Si Kecil juga membutuhkan waktu istirahat. Hal ini agar tubuhnya senantiasa sehat dan segar serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Perlu Moms dan Dads ketahui kalau ternyata jam tidur yang dibutuhkan Si Kecil lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Terlebih lagi Si Kecil yang masih bayi dimana jam tidur yang dibutuhnya sangatlah lama yaitu hingga belasan jam dalam sehari.

Jam Tidur Menurut Usia

Banyak orang tua yang tidak mengetahui sebenarnya berapa lama jam tidur yang memang diperlukan untuk Si Kecil. Tak sedikit pula para orang tua yang memaksa untuk menyuruh anak-anaknya tidur tanpa memperhatikan waktu tidur yang baik dan benar. Inilah daftar jam tidur berdasarkan usia Si Kecil yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

  • Si Kecil usia 0 hingga 3 bulan : 14 hingga 17 jam dalam sehari.
  • Si Kecil usia 4 hingga 11 bulan : 12 hingga 15 jam dalam sehari.
  • Si Kecil usia 1 hingga 2 tahun : 11 hingga 14 jam dalam sehari.
  • Si Kecil usia 3 hingga 5 tahun : 10 hingga 13 jam dalam sehari.
  • Si Kecil usia 6 hingga 13 tahun : 9 hingga 11 jam dalam sehari.

Nah, dari daftar tersebut dapat Moms dan Dads perhatikan kalau ternyata semakin bertambahnya usia Si Kecil maka kebutuhan jam tidurnya semakin berkurang. Jadi, Si Kecil yang masih bayi dan belum memiliki aktivitas yang banyak, belum tentu membutuhkan jam tidur sedikit. Bayi malah membutuhkan jam tidur yang sangat lama. Mulai sekarang, Moms dan Dads harus lebih memperhatikan jam tidur yang dibutuhkan Si Kecil agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

artikel terkait

komentar