Merries For Moms

Ini 5 Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak

0 10
Ini 5 Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak

Moms pastinya sudah mengetahui tentang pentingnya memberikan imunisasi dasar lengkap untuk si Kecil bukan? Tubuh bayi yang masih rawan akan menjadikankan rentan terhadap segala jenis penyakit. Oleh sebab itulah Moms harus benar-benar teliti dan rajin untuk memberikan imunisasi.

Apa Pentingnya Imunisasi?

Pemberian imunisasi atau vaksin sendiri sudah bisa dilakukan sejak Si Kecil lahir, sekitar pada waktu lebih dari 12 jam. Hal tersebut bertujuan agar tubuh bayi yang baru lahir menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika Si Kecil selalu sehat maka dia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik karena saat masi bayi tubuh manusia sedang dalam proses pembentukan jaringan. Itulah sebabnya mengapa imunisasi merupakan asset berharga untuk kesehatan Si Kecil di masa mendatang.

Macam-Macam Imunisasi Dasar

Ini 5 Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak

Hepatitis B

Pemberian vaksin atau imunisasi Hepatitis B dilakukan pada saat bayi berumur sekitar 7 hari. Ini merupakan jenis imunisasi yang wajib diberikan pada bayi pertama kali. Prosesnya sendiri dilakukan secara berkala sebanyak 3 kali yaitu pada saat lahir, bulan pertama, dan saat menginjak usia 3 hingga 6 bulan.

BCG (Bacillus Calmette Guerine)

Imunisasi ini bertujuan agar Si Kecil terhindar dari penyakit Tuberculosis (TB) dan biasanya diberikan saat bayi berusia 1 bulan.

Imunisasi Polio

Sebenarnya jenis imunisasi ini ada dua jenis yaitu Polio Oral (OPV) dan Polio Suntik (IPV). Pemberian imunisasi ini untuk mencegah penyakit polio yaitu kelumpuhan kaki serta otot wajah pada Si Kecil. Biasanya imunisasi Polio diberikan pada bayi yang baru lahir dengan dosis awal dan berlanjut saat berusia 2 hingga 3 bulan.

DPT (Dhifteri Pertusis Tetanus)

Kalau imunisasi yang satu ini adalah untuk mencegah Si Kecil terserang penyakit tetanus atau infeksi tubuh yang terluka, difteri atau infeksi pada saluran pernafasan, dan juga pertusis atau batuk yang parah. Imunisasi DPT sudah bisa diberikan saat usia Si Kecil menginjak 6 minggu dan sebanyak 3 kali.

Imunisasi Campak

Campak merupakan jenis penyakit yang hampir sama dengan cacar dimana terdapat bintik-bintik merah di seluruh tubuh. Namun, penyakit campak dapat berakibat fatal apabila menyerang Si Kecil dan tidak ditangani dengan serius. Imunisasi campak sendiri diberikan sebanyak 2 kali dan pada saat Si Kecil berusia 9 bulan dan 6 tahun.

Itulah kelima imunisasi dasar yang wajib Moms berikan pada Si Kecil. Jangan sampai terlewatkan satupun karena pemberian imunisasi dasar lengkap untuk si Kecil akan membantunya tumbuh dengan baik.

artikel terkait

komentar