Merries For Moms

Ibu, Latih Indera Anak dengan Permainan Bayi yang Sederhana

0 8
Ibu, Latih Indera Anak dengan Permainan Bayi yang Sederhana

Perlu Moms dan Dads ketahui kalau saat masih bayi, Indera Si Kecil menjadi lebih sensitif dan dapat dilatih dengan mudah. Sebenarnya, bayi juga sudah dapat menangkap respon ketika masih di dalam kandungan. Ini merupakan masa emas bagi para orang tua untuk mulai mengajari dan memberikan berbagai informasi untuk anak mereka.

Pentingnya Melatih Panca Indera Bayi

Bayi dapat dengan cepat menyerap segala bentuk respon yang diberikan. Itulah mengapa pemberian stimulus sangat penting di masa tersebut. Panca indera bayi meliputi pengelihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba adalah hal utama yang harus diperhatikan. Dengan melatih Indera Si Kecil, maka akan mudah pula ia dapat mempelajari sesuatu dengan cepat. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan otaknya ketika dewasa nanti. Dr. Markus Danusantoso SpA yang merupakan seorang dokter spesialis anak mengungkapkan kalau melatih Indera Si Kecil dapat merangsang perkembangan kecerdasan serta sarafnya. Selain itu dapat juga mengenalkan Si Kecil pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

Cara Melatih Panca Indera Bayi

Mainan Warna-Warni

Moms dapat melatih penglihatan Si Kecil yang masih bayi dengan berbagai macam mainan warna-warni. Pada langkah awal, sebaiknya perkenalkan dulu Si Kecil dengan warna yang mencolok seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Hal itu dilakukan karena warna mencolok dapat dengan mudah menarik perhatian bayi. Moms bisa menggunakan mainan gantung yang memiliki beragam warna serta bentuk dan juga dapat mengeluarkan suara.

Menggunakan Musik

Ini adalah salah satu cara melatih dan menstimulasi pendengaran Si Kecil. Ada banyak sekali mainan anak-anak yang dapat mengeluarkan musik dari yang bernada klasik hingga yang lucu. Ketika mendengar musik tersebut, bayi akan menoleh dan berusaha melihat ke arah sumber suara tersebut. Moms juga bisa menggunakan mainan karet yang berbunyi jika dipencet. Mainan tersebut selain berbahan dasar karet yang aman, juga mengeluarkan suara yang dapat menstimulasi pendengaran Si Kecil.

Melatih Indera Peraba Si Kecil

Dengan menggunakan mainan seperti boneka, bola plastik, atau karet yang didekatkan pada Si Kecil maka dapat menstimulasi indera perabanya. Si Kecil yang masih bayi akan menyentuh permukaan boneka yang lembut dan permukaan bola plastik yang kasar.

Memperkenalkan Berbagai Bebauan

Nah, Moms juga dapat memperkenalkan Si Kecil terhadap berbagai bau di sekitarnya. Moms dapat mendekatkan aroma parfum bayi yang wangi, susu, makanan bayi, dan sebagainya. Jika Moms perhatikan, Si Kecil akan merespon dengan membuka mulut saat mencium bau air susu atau ASI.

Ketika menggunakan mainan, sebaiknya Moms menghindari bentuk yang terlalu kecil karena menghindari kemungkinan Si Kecil akan memasukkannya ke dalam mulut. Selain itu, hindari pula mainan yang sekiranya terlalu berbahaya untuk bayi seperti terlalu tajam atau berat. Melakukan stimulasi Indera Si Kecil memang sangat penting akan tetapi harus tetap berada di bawah pengawasan Moms dan Dads ya.

artikel terkait

komentar