Hati-Hati Penyakit Flu Perut Pada Anak Ya Ibu!

February 19, 2017
Hati-Hati Penyakit Flu Perut Pada Anak Ya Ibu!

Si Kecil pada umumnya memang dalam masa-masa aktif dimana senang bermain dan bereksplorasi dengan hal baru. Itulah sebabnya mengapa mereka sangat rawan sekali terhadap serangan virus dan penyakit, salah satunya adalah flu perut. Apalagi pada Si Kecil yang masih bayi dimana Moms dan Dads harus ekstra hati-hati dalam menjaga dan merawatnya agar terhindar dari segala macam bahaya penyakit.

Apa Itu Flu Perut?

Penyakit flu perut sendiri dalam dunia medis sering disebut sebagai Gastroenteritis yang merupakan infeksi pada perut atau usus. Penyakit ini sendiri disebabkan karena adanya virus yang menjangkit tubuh manusia. Sementara itu, flu perut juga sering disebut sebagai flu lambung oleh sebagian besar masyarakat. Ciri-ciri apabila Si Kecil terjangkit virus ini antara lain merasa sering mual, muntah, demam, dan bahkan diare. Karena disebabkan oleh virus maka flu perut sangat mudah sekali menular, terutama lewat kontak langsung ataupun memakan makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Apa Bahayanya Bagi Si Kecil?

Apabila Moms mendapati Si Kecil telah terserang virus dari flu perut maka hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali jika tidak langsung ditangani. Biasanya pada bayi akan mengalami gejala seperti diare akut yang hingga disertai darah serta demam yang tinggi. Hal tersebut akan membuat Si Kecil sangat tidak nyaman dan merasa kesakitan. Si Kecil juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis akibat terlalu banyak kehilangan cairan tubuh karena diare.

Penanganan yang Tepat

Moms dan Dads tak perlu khawatir karena orang tua dapat menerapkan beberapa penanganan yang tepat jika Si Kecil terkena flu perut.

  1. Berikan Si Kecil asupan cairan yang lebih banyak yaitu dengan memberikan air putih. Sebaiknya Moms menghindari jus buah karena akan semakin memperburuk diare yang dialami Si Kecil.
  2. Tetap berikan makanan yang bergizi serta mudah dicerna bagi Si Kecil seperti pisang, bubur, telur, ikan, dan sebagainya.
  3. Moms juga dapat memberikan larutan oralit sebagai penanganan pertama saat Si Kecil diare. Selain mampu menghentikan diare, larutan ini juga dapat menggantikan elektrolit di dalam tubuh manusia.

Pencegahan yang Tepat

Pada umumnya penyakit flu perut disebabkan karena manusia kurang menjaga dan memperhatikan tentang kebersihan. Oleh sebab itu, hal-hal yang harus Moms lakukan sebagai bentuk pencegahan agar Si Kecil tidak terkena flu perut adalah sebagai berikut:

  1. Ajarkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan menggunakan sabun antiseptik.
  2. Usahakan agar Si Kecil selalu menjaga jarak dengan penderita flu perut dengan menghindari adanya kontak langsung.
  3. Selalu jaga kebersihan kamar Si Kecil, berbagai barang-barang di sekitarnya agar senantiasa tetap bersih dan terhindari dari virus flu perut.

Apabila gejala flu perut pada SI Kecil terus berlangsung atau bahkan semakin parah, maka sebaiknya Moms dan Dads segera membawanya ke dokter anak.

Leave a Reply

 

Like Our page