Hati-Hati Moms, MPASI Rumahan Bisa Lebih Berlemak

November 15, 2016
Hati-Hati Moms, MPASI Rumahan Bisa Lebih Berlemak

Dua tahun pertama dalam masa pertumbuhan si Kecil amatlah krusial, terutama untuk perkembangan otaknya. Moms, sebagai orangtua yang cerdas, perlu mempersiapkan asupan makanan yang seimbang dan memadai untuk si Kecil. Salah satunya saat hendak membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Sebagian besar ibu bertujuan memasak MPASI untuk memperkenalkan si Kecil pada makanan secara bertahap.

Namun, sebuah studi terbaru yang dilakukan di Skotlandia menyatakan bahwa MPASI rumahan justru memiliki kandungan kalori dan lemak lebih tinggi daripada yang dibutuhkan si Kecil. Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengambil sekitar 278 makanan bayi yang beredar di supermarket serta kurang lebih 408 resep MPASI yang terdapat di dalam buku-buku resep yang laku keras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPASI rumahan mempunyai kandungan nutrisi 77% lebih banyak daripada MPASI yang berada di pasaran.

Lantas, setengah resep MPASI rumahan memiliki kandungan kalori 51% yang lebih tinggi dibandingkan rekomendasi kalori yang diperlukan. Kemudian, sekitar 37% resep pun mengandung lemak yang lebih banyak dibandingkan yang direkomendasikan. Hasil penelitian ini tentunya harus menjadi perhatian bagi Moms yang hendak membuat MPASI rumahan untuk si Kecil.

Selain itu, data tersebut menunjukkan peluang si Kecil mengonsumsi lemak dan kalori yang amat banyak di awal masa pertumbuhannya. Jika terus diterapkan, tidak menutup kemungkinan dia akan terserang obesitas atau kegemukan yang mengantarnya pada penyakit yang lebih serius seperti diabetes. Lantas, Sharon Carstairs, seorang ilmuwan dari Universitas Aberdeen di Skotlandia pun menyarankan orangtua untuk menambahkan sayur pada menu MPASI dan mengurangi sumber lemak berlebih.

Penuhi Kebutuhan Si Kecil dengan Menu Makanan Sehat

Bukan berarti Moms harus menghentikan produksi MPASI rumahan gara-gara hasil penelitian di atas. Seperti yang disebutkan Sharon, Moms hanya perlu mengubah atau mengatur kembali menu makanan si Kecil, yaitu dengan memberikan menu 4 bintang. Apa saja makanan yang terdapat pada menu tersebut? Menu 4 bintang terdiri dari sumber karbohidrat, protein hewani, buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Dalam membuat MPASI rumahan dari menu 4 bintang, usahakan pakai bahan-bahan alami. Tinggalkan makanan kemasan yang dapat mempengaruhi kesehatan si Kecil. Jika Moms masih ragu atau bingung dalam mengolah MPASI, tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Sehingga Moms dapat memperoleh informasi yang jauh lebih akurat.

Leave a Reply

 

Like Our page