Merries For Moms

Cara Mengenali Bahasa Tubuh Anak

0 46
Cara Mengenali Bahasa Tubuh Anak

Moms ternyata kita juga bisa membaca bahasa tubuh si Kecil lho! Di samping menangis, si Kecil juga dapat berkomunikasi bersama orang-orang yang ada di sekelilingnya. Lalu, bagaimana ya cara mengenali bahasa tubuh si Kecil? Berikut ulasannya :

Kaki si Kecil Menendang-Nendang

Tak jarang kita memperhatikan, si Kecil suka sekali kakinya menendang-nendang. Saat si Kecil menendang-nendang, berarti pertanda bahwa ia sedang senang Moms. Selain itu, si Kecil juga ingin diperhatikan dan sedang fokus terhadap segala hal yang membuat si Kecil senang. Bisa juga si Kecil ingin mengajak Moms bermain.

Memasukkan jari Pada Mulutnya

Umumnya si Kecil sering kali memasukkan jari pada mulutnya. Ketika si Kecil menghisap jarinya pada mulut, itu pertanda bahwa bayi sedang merasa lapar Moms. Bisa juga karena ia terbiasa sesudah dotnya dicopot, dan langsung refleks untuk memasukkan jarinya pada mulut.

Melirik dan Memandang Moms Secara Langsung

Saat si Kecil secara tiba-tiba langsung mengalihkan padangannya ke mata Anda, ia sebenarnya ingin agar Moms selalu menjaganya dan bersamanya.

Melengkungkan Punggung, Menjulurkan Tangan dan Menangis

Kondisi tersebut merupakan pertanda bahwa si Kecil merasa tidak enak badan atau sakit badan. Moms juga bisa mengamati jika bayi menangis sambil melengkungkan punggung dengan sesaat sesudah makan, itu artinya telah terjadi refluks yakni berbaliknya isi dari lambung. Adapun cara menanggapi kondisi ini, Moms bisa menenangkan si Kecil semampu Moms. Memang membutuhkan waktu lama untuk bisa menenangkannya. Moms bisa menenangkan keadaannya yaitu dengan cara membuat si Kecil kenyang, agar si Kecil tidak sakit dan menggantikan diapersnya.

Mengucek-ngucek Mata Sampai Memerah

Jika si Kecil kerap mengucek-ngucek matanya sampai memerah lalu menutup matanya memakai tangan. Gerakan ini biasanya si Kecil sudah lelah atau mengantuk. Jadi, Moms harus segera menidurkan si Kecil dengan menggendongnya atau membawanya ke tempat tidur.

Memalingkan Wajah

Saat wajahnya dipalingkan ketika Moms menatapnya, berarti pertanda bahwa si Kecil melihat sesuatu hal yang dapat menarik perhatiannya. Selain itu, bisa juga pertanda bahwa si Kecil merasa lelah, pertanda lainnya bisa sebagai tanpa penolakan misalnya ketika si Kecil akan digendong tapi secara tegas ia memalingkan wajahnya, bila dipaksakan si Kecil bisa menangis.

Menggenggam Tangannya Erat

Umumnya bila si Kecil tengah menggenggam erat tangannya ketika udara sedang dingin maupun sehabis mandi. Kondisi ini merupakan pertanda bahwa si Kecil sedang kedinginan, jadi Moms bisa memberikan kehangatan pada si Kecil dengan segera.

artikel terkait

komentar