Bolehkah Moms Memberi Bantal U untuk Bayi yang Baru Lahir?

October 15, 2016
Bolehkah Moms Memberi Bantal U untuk Bayi yang Baru Lahir?

Si Kecil memang tampak nyaman tidur dengan menggunakan bantal dan selimut. Tapi tahukah Moms bahwa sebenarnya Si Kecil yang baru lahir tidak perlu tidur menggunakan bantal apapun termasuk bantal U. Justru Si Kecil yang tidur tanpa bantal dan selimut akan jauh lebih aman dan sehat. Dengan menidurkan Si Kecil tanpa bantal U, Si Kecil akan terbebas dari risiko sesak napas. Selain itu, cara ini juga memperkecil risiko kematian mendadak pada Si Kecil.

Ketimbang menggunakan bantal U ataupun selimut, Moms bisa langsung membaringkan Si Kecil di atas kasur. Namun, pastikan terlebih dahulu jika kasur tersebut rata dan tidak bergelombang. Kasur yang rata sangat bagus untuk menjaga kesehatan punggung Si Kecil. Cara tidur Si Kecil tanpa bantal dan selimut ini sangat cocok untuk Si Kecil yang berusia kurang dari 8 bulan. Setelah 8 bulan ke atas, barulah Moms bisa memberikan bantal untuk teman tidur Si Kecil. Lalu, bagaimana untuk melindungi Si Kecil dari hawa dingin atau nyamuk? Untuk melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk atau hawa dingin, Moms cukup memberikan selimut yang tipis saja. Usahakan tidak memberikan selimut dengan ukuran yang tebal. Bantal U juga tidak disarankan karena akan menghambat pergerakan Si Kecil terutama pergerakan bagian leher. Pada usia tersebut Si Kecil masih kesulitan bergerak. Jika saat bergerak Si Kecil justru terhambat maka akan sangat berbahaya. Tidak mengherankan jika Si Kecil akan mengalami sesak napas karena posisi leher yang tidak sempurna.

Jadi intinya Si Kecil tidak perlu ditidurkan dengan berbagai macam pernak-pernik yang justru menghambat gerakan Si Kecil. Tips untuk menyiapkan tempat tidur Si Kecil adalah dengan menyiapkan box bayi. Pastikan kasur yang Moms gunakan adalah kasur yang empuk dan lurus atau tidak bergelombang. Singkirkan semua mainan atau apapun yang akan menghalangi gerakan Si Kecil saat tidur. Pasang sprei atau alas kasur yang tipis saja. Setelah itu, baringkan Si Kecil terlengtang. Walaupun tampak sepele Si Kecil akan tetap tidur nyaman dan gerakan apapun tidak akan membahayakannya. Karena sudah tahu jika Si Kecil tidak perlu menggunakan bantal dan selimut, dana untuk membeli bantal dan selimut bisa digunakan untuk membeli peralatan Si Kecil lainnya. Ingat! Keselamatan dan kesehatan Si Kecil adalah yang utama agar bisa tumbuh dengan optimal hingga dewasa nanti.

Leave a Reply

 

Like Our page