Benarkah Udara Dingin Membuat Anak Mudah Sakit?

January 30, 2017
Benarkah Udara Dingin Membuat Anak Mudah Sakit?

Jangan langsung khawatir dulu jika Si Kecil bermain dan terkena udara dingin, Moms. Memang benar kalau tubuh anak-anak masih tergolong lemah dan rentan sekali terhadap berbagai jenis penyakit. Biasanya apabila Si Kecil terserang demam dan flu, para ibu pasti sudah berfikir kalau hujan atau udara dingin yang menjadi penyebabnya. Adanya mitos kalau suhu udara yang dingin adalah penyebab utama seseorang jatuh sakit tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga di berbagai negara. Perlu Moms dan Dads ketahui kalau mitos tersebut tidaklah benar karena udara dingin bukanlah satu-satunya penyebab utama Si Kecil menjadi sakit.

Mitos Tersebut Tidaklah Benar

Mitos mengenai udara yang dingin menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit seperti batuk dan flu ternyata salah besar. Jika Si Kecil sedang bermain saat suhu udara menjadi dingin dan kemudian mengigil, itu suatu hal yang lumrah. Akan tetapi, Moms jangan langsung panik kalau Si Kecil pasti akan terkena flu dan demam. Berada di ruangan atau tempat yang udaranya dingin tidak akan membuat orang mudah terkena penyakit begitu saja. Thomas Tallman, DO yang merupakan dokter ahli penyakit flu sendiri mengungkapkan kalau udara dingin tidak ada hubungannya sama sekali dengan penyebab sakit flu.

Lalu Apakah Penyebab Sebenarnya?

Sebuah penelitian pada tahun 1968 mampu membuktikan kalau orang yang berada di ruangan dingin tidak langsung menjadi sakit. Hal tersebut disebabkan karena penyakit seperti flu dan batuk memang murni karena virus dan kuman. Jika Si Kecil langsung sakit ketika terkena udara yang dingin, hal itu disebabkan karena lingkungan sekitarnya yang mengandung virus atau bakteri penyebab sakit yaitu Rhinovirus atau bakteri penyebab flu. Bisa juga ada seseorang yang sedang sakit batuk atau flu sedang berada di tempat yang sama dengan Si Kecil sehingga virusnya menyebar dan menular. Namun, virus dan bakteri penyebab flu memang akan tumbuh dengan baik dan mudah tersebar pada udara bersuhu dingin dan kering. Kemudian ada suatu fakta mencengankan mengenai sebuah penelitian yang membuktikan kalau udara dingin ternyata dapat menurunkan demam.

Jadi, Moms dan Dads harus mencari tau terlebih dahulu apakah kondisi lingkungan di sekitar Si Kecil bersih dan bebas dari virus atau tidak. Jangan buru-buru langsung menyalahkan udara dingin penyebab Si Kecil jadi sakit ya Moms. Akan tetapi, Moms harus tetap memakaikan jaket atau baju hangat untuk Si Kecil ketika udara dingin agar tubuhnya tetap hangat dan tidak menggigil.

Leave a Reply

 

Like Our page