Bayi yang Sering Ngempeng Ternyata Lebih Rentan Mengalami Infeksi Telinga

February 12, 2017
Bayi yang Sering Ngempeng Ternyata Lebih Rentan Mengalami Infeksi Telinga

Apakah Si Kecil sering menangis tidak nyaman karena infeksi telinga? Perlu Moms ketahui, ternyata ada banyak penyebab yang dapat membuat Si Kecil terkenal infeksi telinga. Salah satunya adalah penggunaan empeng yang berlebihan. Mungkin terlihat tidak masuk akal, tetapi ada penelitian yang mencari tahu tentang hal ini dan menemukan fakta yang memang berhubungan antara empeng dan infeksi telinga.

Penelitian yang dimaksud di atas dilakukan oleh tim Dokter Spesialis Anak (DSA) asal Finlandia. Memang, infeksi telinga tidaklah terlalu berbahaya. Tetapi, bagi Si Kecil, ini sangat mengganggu. Mereka akan merasa tidak nyaman, dan tentu saja Moms tidak mau hal ini terjadi pada buah hati kesayangan, bukan? Para peneliti ini melakukan penelitian dengan melibatkan dua tim sebagai subyek. Tim pertama terdiri dari 270 Si Kecil berumur diatas 6 bulan dan menggunakan empeng hanya saat akan tidur. Penggunaan juga dibatasi hingga usia 10 bulan. Sedangkan tim kedua terdiri dari 200 Si Kecil yang menggunakan empeng tanpa batasan tertentu. Penelitian dilakukan hingga 18 bulan.

Hasil yang didapat, kelompok pertama yang penggunaan empeng dibatasi berhasil menurunkan resiko terkena infeksi telinga hingga 33%. Namun, para peneliti ini juga menemukan kalau Si Kecil masih aman kalau Moms memberikan empeng saat usia dibawah 6 bulan.

Marjo Niemela, MD, Phd, salah seorang spesialis anak dari University of Oulu Finlandia, juga menyarankan untuk menghentikan penggunaan empeng ini. Menurutnya, hal ini bisa mengurangi gejala otitis media. Tetapi, ada pendapat berbeda dari Robert C. Sprecher, MD, kepala divisi THT dari Rainbow Babies and Children Hospital, Cleveland. Menurutnya, resiko terjadinya infeksi telinga tidak hanya datang dari empeng saja. Infeksi telinga dapat datang dari faktor genetis dan juga perawatan Si Kecil. Artinya, bila memang Moms tidak menjaga kebersihan pada diri Si Kecil maupun tempat dimana Si Kecil menghabiskan waktunya, maka ada kemungkinan besar Si Kecil akan terkena infeksi telinga. Meski Sprecher tidak sependapat dengan hasil penelitian ini, dia mengatakan bila empeng memang ada hubungannya dengan masalah pada gigi dan mulut Si Kecil.

Pada dasarnya, akan lebih aman bila Moms menghentikan atau membatasi penggunaan empeng untuk Si Kecil. Selain karena meningkatkan resiko adanya infeksi telinga maupun gangguan oral dan gigi, kondisi psikologis Si Kecil juga dapat terpengaruhi. Si Kecil akan merasa sudah cukup dengan empeng saja dan tidak ingin menyedot lebih banyak saat diberikan ASI.

Leave a Reply

 

Like Our page