Bayi Juga Bisa Jet Lag, Ini Cara Mengatasinya

November 11, 2016
Bayi Juga Bisa Jet Lag, Ini Cara Mengatasinya

Mengajak si Kecil liburan ke luar kota maupun luar negeri pastilah menyenangkan, apalagi kalau Moms dan Dads sudah mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. Namun, ada kalanya Moms melupakan efek-efek seperti jet lag. Jet lag adalah rasa capai atau kelelahan yang diakibatkan perjalanan melintasi zona waktu berbeda. Namun, Moms tidak perlu cemas karena ada beberapa cara yang dapat diterapkan agar si Kecil tidak rewel menghadapi jet lag, seperti yang diterangkan di bawah ini.

Membawa Camilan Favorit

Si Kecil yang biasanya lahap makan di rumah bisa tiba-tiba enggan makan setibanya di negara tujuan. Sebagai bentuk antisipasi, Moms bawa beberapa camilan sehat kesukaan si Kecil agar kebutuhan gizi dan nutrisinya tetap terpenuhi. Jangan paksakan si Kecil untuk mengonsumsi makanan karena dia pasti belum terbiasa. Sambil memberinya asupan lewat camilan, Moms bisa menyelinginya dengan santapan yang familier kepada si Kecil sebagai bentuk pengenalan sampai dia terbiasa.

Menetapkan Rutinitas

Selain makanan, si Kecil pasti akan terkejut mendapati lingkungan baru yang berbeda dari rumahnya. Moms dapat membiasakannya dengan membuat rutinitas di tempat tersebut. Misalnya mengajak di Kecil jalan-jalan di pagi hari seperti di rumah asalnya, main atau tidur siang. Aktivitas-aktivitas tadi membuat si Kecil cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan tentunya menghilangkan efek jet lag yang dia alami saat tiba di negara tersebut.

Berusaha untuk Tetap Tenang

Ketika Moms mengajak si Kecil jalan-jalan ke luar negeri dan melewati zona waktu berbeda, si Kecil biasanya akan gelisah atau rewel. Hal tersebut diakibatkan si Kecil yang belum sanggup beradaptasi dengan suasana, tempat, hingga cuacanya yang berbeda jauh. Moms jangan ikut panik karena akan membuat si Kecil semakin rewel. Hadapi sikapnya dengan tenang dan kenalkan si Kecil kepada aktivitas yang membuatnya terbiasa dengan tempat baru.

Mengatur Ulang Jadwal Tidur

Seperti yang sudah disebutkan, jet lag akan membuat si Kecil kesulitan tidur, bahkan terjaga di malam hari. Secara tidak langsung, jam tidur Moms pun akan terganggu karena sering terbangun untuk melihat dan menenangkan si Kecil. Supaya hal tersebut tidak terjadi lagi, maka Moms dapat mengajak si Kecil untuk tidur lebih awal, lalu bangunkan dia sebelum atau saat matahari terbit. Jangan lupa memberi si Kecil susu saat dia terjaga di malam hari.

Leave a Reply

 

Like Our page