Bantu Si Kecil Tengkurap dengan Cara Ini Moms!

November 12, 2016
Bantu Si Kecil Tengkurap dengan Cara Ini Moms!

Moms pasti sudah tahu, salah satu fase penting dalam perkembangan Si Kecil adalah saat Si Kecil sudah bisa tengkurap sendiri. Namun, tidak banyak orang yang tahu pentingnya tengkurap untuk Si Kecil. Mungkin, Moms berpikir bila tengkurap hanyalah sebuah posisi yang alami dilakukan Si Kecil. Namun, ada fungsi lebih dari hanya sekedar posisi tubuh Si Kecil.

Biasanya, Si Kecil akan mulai tengkurap saat berusia tiga hingga empat bulan. Sebelum Si Kecil memasuki usia ini, perlu Moms ketahui bila tengkorak atau tulang kepala Si Kecil masih belum terbentuk dan masih dalam proses pertumbuhan. Jadi, kepala Si Kecil masih sangat lembut. Bila Si Kecil tidak mengubah posisinya dan tetap berada pada posisi berbaring, maka adanya tekanan pada kepala Si Kecil akan menyebabkan kepala Si Kecil berubah bentuk pada bagian tersebut menjadi lebih datar. Biasanya ini dikenal dengan sebutan “Peang”. Lalu bagaimana agar Moms bisa membantu Si Kecil tengkurap?

Proses untuk merangsang Si Kecil tengkurap harus dilakukan secara bertahap. Pertama, saat Si Kecil berusia 3 bulan, Moms dapat mencoba untuk merangsang agar Si Kecil dapat tengkurap. Pada usia ini, otot leher Si Kecil sudah cukup kuat untuk menopang kepalanya. Jadi, sudah bisa dan mampu digunakan untuk menopang kepala saat tengkurap. Cara yang dapat digunakan adalah dengan meletakkan mainan atau barang kesukaan Si Kecil di sampingnya. Jadi, saat akan mengambilnya, Si Kecil akan memiringkan badannya ke samping, yang akhirnya akan berakhir pada posisi tengkurap. Dengan meletakkan mainan tersebut dalam jarak yang agak jauh, Moms juga dapat melatih otot tubuh Si Kecil dan kemampuan motoriknya.

Kedua adalah dengan memposisikan tubuh Si Kecil pada posisi tengkurap. Ini bisa menjadi latihan untuk Si Kecil agar terbiasa tengkurap. Namun, yang perlu Moms cermati, jangan memaksa Si Kecil untuk tengkurap, bila Si Kecil tidak mau. Lakukan latihan ini selama 5 menit 6 kali sehari. Moms juga dapat melatihnya dengan meletakkan Si Kecil pada posisi tengkurap di atas tubuh Moms saat menidurkannya. Beri alas bantal atau kain yang tebal, agar Si Kecil lebih merasa nyaman.

Jadi, dengan melatih Si Kecil untuk tengkurap seperti ini, maka Si Kecil akan cepat bisa. Dan, bila sudah bisa, Si Kecil akan lebih senang karena posisi ini membuat Si Kecil menjadi lebih bebas. Ditambah lagi, posisi tengkurap juga akan mengistirahatkan kepala bagian belakangnya.

 

Leave a Reply

 

Like Our page