Merries For Moms

Apakah Pola Tidur Si Kecil Bisa Diubah?

0 7
Apakah Pola Tidur Si Kecil Bisa Diubah?

Menjaga porsi tidur si Kecil agar tetap stabil tak jarang membuat Moms dan Dads frustrasi. Kadang si Kecil rewel karena mengantuk, tetapi kesulitan untuk tidur. Moms pun kewalahan mencari cara untuk membuatnya nyaman. Hal tersebut kadang membuat porsi tidur Moms maupun si Kecil berkurang dan pada akhirnya sama-sama kelelahan karena porsi istirahat yang tidak mencukupi. Namun, Moms jangan khawatir karena fase ini tak akan berlangsung selamanya. Seiring bertambahnya usia si Kecil, pola tidurnya akan semakin menyerupai orang dewasa.

Suzi Martyn, selaku penulis buku Sleep Tight: Help Your Child Attain a Good Night’s Sleep in Three Days, mengungkapkan bahwa suasana lingkungan memberi pengaruh terhadap perubahan pola tidur si Kecil. Di bawah ini ada tiga cara untuk membantu Moms mengubah pola tidurnya.

Menciptakan Suasana yang Tenang

Suara sekecil apa pun kadang dapat membuat si Kecil terjaga dari tidurnya. Jika si Kecil adalah salah satu anak yang sanggup tidur di tengah keheningan, maka Moms perlu mengenalkan bebunyian sedikit demi sedikit kepada si Kecil sampai dia terbiasa. Lambat laun, si Kecil pun akan mempelajari cara untuk mengabaikan bebunyian tersebut, sehingga dia pun bisa terlelap lebih lama dan nyenyak. Moms juga tidak akan repot lagi bangun di tengah malam demi menenangkannya.

Mengenalkan Konsep Siang dan Malam

Si Kecil yang masih bayi mempunyai pola tidur yang cukup berantakan. Kadang dia tertidur lelap di siang hari dan malah aktif di malam hari. Dalam hal ini, Moms pasti kewalahan dibuatnya. Maka, penting bagi Moms untuk mengenalkan konsep siang dan malam kepada si Kecil. Di pagi atau siang hari, ajak si Kecil ke luar ruangan untuk bertemu sinar matahari. Sedangkan di malam hari, atur penerangan di kamar jadi remang untuk meningkatkan melatonin, hormon yang membuat tubuh si Kecil mengantuk.

Tetap Sabar dan Terus Berjuang

Seperti yang telah disebutkan, mengajak si Kecil tidur tepat waktu bukanlah hal mudah. Moms dan Dads tidak akan langsung berhasil di percobaan pertama. Ada kalanya Moms harus menerapkan banyak cara sampai menemukan metode yang sesuai dengan si Kecil. Bantulah si Kecil untuk membiasakan dirinya supaya tidur sesuai keinginan Moms dan Dads. Dengan kesabaran dan perjuangan, tentu usaha Moms dan Dads akan berhasil.

artikel terkait

komentar