Apakah Alergi Susu Sapi Itu?

November 19, 2016
Apakah Alergi Susu Sapi Itu?

Apakah si kecil minum susu sapi? Pernahkah si kecil mengalami alergi susu sapi? Alergi susu sapi adalah kondisi sistem imun si kecil yang tak mempunyai respon normal pada kandungan – kandungan protein yang ada di dalam susu sapi. Bila kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka cukup berbahaya untuk kesehatan si kecil. Untuk mengantisipasi alergi susu sapi, sebaiknya Moms memahami beberapa ciri alergi ini dan bagaimana cara mengatasi alergi susu sapi.

Ciri – Ciri Si Kecil Alergi Susu Sapi

Ada beberapa ciri – ciri alergi susu sapi yang bisa dideteksi. Inilah deretan ciri – cirinya.

Gangguan Pencernaan

Bila si kecil mengalami alergi susu sapi, biasanya si kecil mengalami gangguan pencernaan. Gangguan ini biasanya diawali dengan muntah, cegukan, dan perut kembung. Moms juga akan mendapati si kecil kentut, rewel, dan gelisah terutama saat malam hari. Biasanya si kecil yang terkena alergi susu sapi akan lebih sering buang air besar di kondisi tertentu. Tetapi, tak jarang dia juga mengalami sembelit.

Kulit Sensitif

Ciri lainnya adalah kulit si kecil menjadi lebih sensitive. Perhatikan kondisi kulit si kecil. Bila muncul bintik – bintik merah di pipi dan mulut, bisa diindikasikan sebagai salah satu ciri alergi susu sapi. Moms juga harus memperhatikan bintik atau bercak hitam yang muncul di kulit. Kondisi ini bisa menjadi ciri kulit si kecil lebih sensitif.

Lidah Putih

Lihatlah bagian dalam lidah si kecil. Bila ada bercak putih layaknya jamur, bisa berarti si kecil mengalami alergi susu sapi. Terlebih lagi bila bibir si kecil berwarna biru gelap dan terlihat pucat, ada indikasi lebih terkena alergi susu sapi.

Nafas Berbunyi dan Bersin – Bersin

Bila si kecil bernafas disertai bunyi dan batuk saat malam hari dan kemudian hilang sendiri di pagi hari, Moms bisa meningkatkan kewaspadaan karena bisa berarti ini adalah ciri alergi susu sapi. Ditambah lagi bila si kecil sering bersin dan pilek, Moms harus segera memeriksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi

Bila Moms mendapati si kecil terindikasi alergi susu sapi, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Tetapi, Moms juga bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan beberapa langkah ini. Hentikan pemberian susu sapi ataupun produk olahan dari susu sapi. Moms juga harus menghindari makanan yang mengandung protein susu untuk si kecil ataupun untuk dikonsumsi sendiri. Bila si kecil meminum susu sapi sebagai asupan makanan, sebaiknya segera gantilah dengan susu kedelai.

Leave a Reply

 

Like Our page