Anak yang Sering Ngempeng Ternyata Lebih Berisiko Terkena Infeksi Telinga

January 12, 2017
Anak yang Sering Ngempeng Ternyata Lebih Berisiko Terkena Infeksi Telinga

Tahukah Moms and Dads jika Si Kecil yang terlalu sering menyusu bisa beresiko terkena infeksi telinga atau Oitis Media? Kebanyakan dari ibu menyusui malah senang jika Si Kecil keseringan ngempeng atau minum ASI. Anggapan tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar karena Si Kecil malah akan beresiko terkena infeksi telinga.

Apa Sebenarnya Oitis Media Itu?

Oitis Media atau infeksi telinga adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Pada Si Kecil, biasanya infeksi ini terjadi karena adanya cairan yang masuk dan lama-kelamaan akan menumpuk pada belakang gendang telinga. Pada saat Si Kecil sedang ngempeng atau menyusu maka posisi tubuhnya akan tidur secara terlentang. Hal ini menyebabkan besarnya kemungkinan air ASI akan tumpah dari mulut Si Kecil dan mengalir masuk ke dalam lubang telinga. Moms mungkin akan langsung mengelap ASI yang tumpah, namun tidak memperhatikan jika masuk ke dalam telinga atau tidak.

Apa Akibatnya Bagi Si Kecil?

Infeksi telinga sendiri akan mengganggu indera pendengaran Si Kecil karena membentuk cairan yang tebal dan lengket layaknya lem. Selain itu, jika Si Kecil sudah terkena infeksi telinga maka akan mengalami beberapa gejala seperti sering menggaruk telinga, demam, susah makan, telinga terasa sakit, dll. Si Kecil akan lebih sering menangis karena rasa gatal atau sakit pada telinga yang menyebabkannya tidak nyaman.

Bagaimana Mencegah Infeksi Tersebut?

Jika ngempeng bisa memperbesar resiko Si Kecil terkena infeksi telinga, lalu apakah Si Kecil harus benar-benar berhenti menyusu? Hal tersebut tidak benar! Saat Si Kecil sedang menyusu maka sebaiknya Moms atur posisinya sebaik mungkin. Usahakan jangan menyusu dalam posisi telentang karena akan membuatnya lebih mudah tersedak dan memungkinkan cairan ASI masuk telinga. Posisikan agar bagian kepala si Kecil lebih tinggi dan gunakan bantal yang nyaman untuk menopang kepalanya. Kemudian miringkan sedikit badannya ke arah payudara Moms sendiri. Hal yang paling penting yaitu menaruh handuk atau lap bersih berbahan lembut di samping pipi Si Kecil. Kain tersebut berfungsi untuk mencegah adanya cairan ASI yang tumpah dan masuk ke dalam telinga.

Jika Si Kecil sudah terkena infeksi tersebut maka sebaiknya segera di bawa ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan secara langsung. Selain itu, Moms juga harus mulai memperhatikan Si Kecil ketika sedang ngempeng agar tidak beresiko terkena infeksi telinga.

Leave a Reply

 

Like Our page