Merries For Moms

Anak Suka Menggigit? Ini Cara Mengatasinya

0 5
Anak Suka Menggigit? Ini Cara Mengatasinya

Sebal dengan Si Kecil suka menggigit sehingga sampai menyebabkan kulit Moms dan Dads terluka serta meninggalkan bekas gigitan? Jangan kelewat jengkel dulu Moms karena perilaku tersebut sangatlah wajar untuk bayi yang berusia 1 sampai 3 tahun.

Apa Penyebab Si Kecil Senang Menggigit?

Apakah hal ini normal? Ya, tentu saja karena Si Kecil memang sedang dalam masa pertumbuhan gigi. Jika orang dewasa saja merasakan gatal pada gusi mereka saat gigi geraham akan mulai tumbuh maka Si Kecil juga merasakan hal yang sama. Rasa gatal akan membuatnya gemas dan selalu ingin menggigit-gigit sesuatu untuk meredakan rasa gatal tersebut. Namun, ternyata ada alasan lain juga loh Moms mengapa Si Kecil suka menggigit diantaranya karena gemas, penasaran, merasa jengkel, atau ingin diperhatikan lebih.

Cara Mengatasinya

Hal pertama yang harus Moms dan Dads lakukan adalah mencari tau terlebih dahulu penyebab kenapa Si Kecil suka menggigit, apakah itu memang karena tumbuh gigi, sedang sebal, atau hanya ingin bereksperimen saja. Berikut ini ada beberapa tips singkat cara mengatasinya.

Menggigit karena Tumbuh Gigi

Jika memang benar Si Kecil merasa gatal karena gigi-giginya akan segera tumbuh maka cara mengatasinya sangat mudah. Moms dan Dads bisa membelikannya mainan khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Selain itu, Moms bisa memberikan makanan seperti roti, biskuit bayi, wortel rebus, dll.

Menggigit karena Merasa Kesal

Si Kecil juga bisa merasakan jengkel dan marah ketika apa yang diinginkannya tidak dituruti. Terkadang itu menjadi salah satu alasan mengapa Si Kecil menggigit dan ungkapan frustasi serta kemarahannya. Namun, jangan sesekali Moms dan Dads langsung membentak atau menggunakan kata-kata berintonasi tinggi karena memberikan dampak buruk terhadap psikologisnya. Lebih baik jika Moms berbicara secara halus, mengelus kepala, atau memeluk Si Kecil.

Mengigit karena Ingin Bereksperimen

Si Kecil yang menggigit karena hanya iseng atau ingin melakukan eksperimen disebabkan karena pada usia tersebut bayi merasa ingin tau akan segala hal. Untuk itu, Moms dan Dads bisa memberikan berbagai macam mainan yang aman dan berbahan lunak agar bisa dijadikan sarana Si Kecil bereksperimen.

Apabila kebiasaan menggigit tersebut tidak juga berkurang atau bahkan sulit untuk dihilangkan, maka sebaiknya Moms dan Dads segera berkonsultasi dengan dokter anak. Hal tersebut adalah cara yang paling tepat jika para orang tua sudah sangat frustrasi dengan kebiasaan Si Kecil suka menggigit.

artikel terkait

komentar