Merries For Moms

Amankah Memberi Obat Tetes Pada Anak yang Masih Bayi?

0 33
Amankah Memberi Obat Tetes Pada Anak yang Masih Bayi?

Memang ada banyak sekali kasus dimana Si Kecil terutama yang masih bayi sangat rentan sekali terhadap virus yang menyebabkan infeksi pada mata, hidung ataupun telinga. Biasanya penanganan atau pengobatan yang digunakan adalah dengan memberikan obat tetes pada Si Kecil. Namun, apakah cara tersebut aman dan benar?

Sebaiknya Jangan!

Moms pastinya khawatir dan tidak tega apabila melihat Si Kecil susah bernapas karena hidung yang tersumbat lendir pekat akibat pilek. Hal ini memang akan membuat Si Kecil sangat tidak nyaman dan juga tidak dapat bernapas dengan baik. Bagi sebagian besar Moms, menggunakan obat tetes yang bisa dibeli di apotek adalah bentuk penanggulangan pertama yang dirasa cukup tepat. Memberikan obat tetes pada Si Kecil bertujuan agar lendir di dalam hidung menjadi encer sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Akan tetapi, ternyata pemberian obat tetes pada Si Kecil kurang baik loh Moms! Menggunakan obat tetes pada hidung bayi bisa sangat berbahaya sekali karena cairan bisa saja tertelan atau mengalir ke bagian tubuh lainnya seperti mata, bagian kepala, dll. Sama halnya juga untuk obat tetes telinga yang tidak boleh digunakan secara sembarangan pada Si Kecil yang masih bayi.

Pengawasan Dokter

Apabila Moms dan Dads terpaksa harus menggunakan obat tetes pada Si Kecil, maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter anak. Moms jangan terlalu gegabah untuk membeli obat tetes sembarangan di apotek atau toko obat terdekat. Meskipun terlihat sangat sepele, penggunaan obat tetes yang salah dapat menimbulkan bahaya lain dan akan menghilangkan manfaat dari obat itu sendiri. sebaiknya langsung periksakan kondisi Si Kecil ke dokter anak. Di sana Si Kecil akan mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Kalaupun dokter menggunakan obat tetes pada Si Kecil maka Moms dan Dads akan dijelaskan cara menggunakannya dengan cara yang benar dan tepat.

Cara yang Tepat

Ada beberapa cara yang Moms harus lakukan ketika akan memberikan obat tetes pada Si Kecil yang masih bayi.

  1. Si Kecil sebaiknya di bedong terlebih dahulu agar tidak menimbulkan pergerakan yang berlebihan. Hal ini juga akan mempermudah Moms saat meneteskan obat tersebut ke bagian yang infeksi seperti mata, hidung, ataupun telinga.
  2. Berikan obat tetes tersebut ketika Si Kecil dalam keadaan terbangun. Apabila Moms memberikan obat tersebut saat Si Kecil tidur maka hal tersebut akan sangat mengganggu atau bahkan membahayakan.
  3. Pemberian obat tetes sebaiknya dilakukan dalam posisi Si Kecil dalam gendongan atau tiduran. Untuk obat tetes telinga, miringkan bagian kepala Si Kecil sedikit agar cairan obat dapat masuk dengan lancar.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pemberian obat tetes pada Si Kecil khususnya yang masih bayi. Obat tetes ini sebenarnya aman digunakan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Moms dan Dads harus lebih waspada lagi atau menggunakan alternatif pengobatan lain. Pergilah ke dokter anak agar Si Kecil mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, Moms dan Dads juga akan mendapatkan informasi lebih jelas tentang penggunaan obat tetes untuk Si Kecil.

artikel terkait

komentar