Merries For Moms

5 Nutrisi Penting di Masa MPASI yang Harus Moms Ketahui

0 9
5 Nutrisi Penting di Masa MPASI yang Harus Moms Ketahui

Bisa memberikan ASI eksklusif kepada Si Kecil merupakan sebuah kebahagian tersendiri. Selain memberikan ASI secara eksklusif, Moms juga harus mulai memikirkan makanan untuk Si Kecil. Biasanya, Moms harus mulai memikirkan MPASI setelah Si Kecil berusia 6 bulan ke atas. Pastikan makanan pendukung ASI tersebut memenuhi nutrisi untuk tumbuh kembang Si Kecil agar pertumbuhannya lebih optimal. Berikut ini setidaknya 5 nutrisi penting di masa MPASI Si Kecil

Zat Besi

Nutrisi yang satu ini sangat penting. Pasalnya, zat besi berguna untuk memaksimalkan pembentukan otak Si Kecil. Zat besi akan berperan membentuk hemoglobin. Karena itu, untuk mempersiapkan MPASI, ada baiknya Moms memberikan makanan yang mengandung zat besi. Si Kecil tidak memerlukan banyak sekali zat besi. Cukup berikan zat besi setidaknya 11 miligram setiap hari. Zat besi banyak ditemukan pada daging, ayam, alpukat, brokoli, dan bayam.

Zinc

Zat ini juga sangat penting untuk mendukung perkembangan Si Kecil. Zinc akan membantu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih harus mencukupi karena tugasnya adalah untuk melawan bakteri. Dengan memiliki kecukupan Zinc dalam tubuh, Si Kecil akan lebih cepat sehat karena sel dalam tubuh akan lebih cepat memperbaiki diri. Zat yang berguna ini biasanya ditemukan di daging unggas atau ayam.

Kalsium atau Vitamin D

Perkembangan tulang Si Kecil sangatlah penting. Karena itu, Moms harus memberikan MPASI yang mengandung kalsium atau vitamin D. Selain baik untuk kekuatan tulang Si Kecil, vitamin D atau kalsium juga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh Si Kecil. Si Kecil pun tidak akan mudah sakit. Berikan MPASI berupa telur atau ikan termasuk yogurt.

Omega 3

Zat ini juga sangat penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Dengan kecukupan omega 3, mata dan otak Si Kecil akan berkembang secara optimal. Memang, ASI juga mengandung omega 3 namun Moms bisa melengkapinya dengan MPASI. Umumnya, omega 3 banyak ditemukan pada ikan salmon atau buah alpukat.

Vitamin A, B, C dan E

Tentu saja vitamin sangat berperan penting untuk tumbuh kembang Si Bayi. Vitamin akan mendukung perkembangan saraf, otak, bagian tubuh seperti mata, dan lainnya. Dengan memiliki kecukupan vitamin Si Kecil juga tidak mudah sakit karena kekebalan atau sistim imunnya terjaga. Berikan beberapa jenis umbi, wortel, sayur hijau, kacang-kacangan, beberapa jenis buah, serta biji-bijian.

artikel terkait

komentar